Pengaruh Kemudahan, Keamanan, Kualitas Layanan Dan Fitur Terhadap Kepuasan Nasabah Dalam Menggunakan Mobile Banking Bank Syariah Indonesia KCP Magetan

Putri, Resi Meysa (2024) Pengaruh Kemudahan, Keamanan, Kualitas Layanan Dan Fitur Terhadap Kepuasan Nasabah Dalam Menggunakan Mobile Banking Bank Syariah Indonesia KCP Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
402200112_Resi Meysa Putri_Perbankan Syariah.pdf

Download (2MB)

Abstract

Putri, Resi Meysa, Pengaruh Kemudahan, Keamanan, Kualitas Layanan dan Fitur Terhadap Kepuasan Nasabah Dalam Menggunakan Mobile Banking Bank Syariah Indonesia KCP Magetan. Skripsi. 2024. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Khoirun Nisak, M.SEI.

Kata Kunci: Kemudahan, Keamanan, Kualitas Layanan, Fitur, Kepuasan Nasabah.

Kepuasan nasabah merupakan hal pokok yang tidak boleh diabaikan bagi suatu perusahaan yang bergerak dibidang jasa perbankan, karena kepuasan nasabah merupakan aspek penting untuk mempertahankan citra perusahaan di masyarakat luas. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya keluhan nasabah seperti seringnya terjadi gangguan seperti sistem layanan pada saat melakukan transaksi sering gagal dan error. Nasabah merasakan penurunan mobile banking BSI dibandingkan sebelum dilakukan marger.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat kepuasan nasabah yang dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu kemudahan, keamanan, kualitas layanan dan fitur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menyebarkan kuesioner dengan jumlah 192 responden. Metode analisis data menggunakan uji instrumen, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji t, uji f dan koefisien determinasi (R2).
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemudahan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan nasabah ditunjukkan oleh hasil pengujian nilai thitung sebesar 4,050, keamanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan nasabah ditunjukkan oleh hasil pengujian nilai thitung sebesar 6,453, kualitas layanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan nasabah ditunjukkan oleh hasil pengujian nilai thitung sebesar 8,002 dan fitur berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan nasabah ditunjukkan oleh hasil pengujian nilai thitung sebesar 12,143. Maka dari itu BSI KCP Magetan harus konsisten dalam meningkatkan atau memperbaiki aplikasi mobile banking, sehingga nasabah mudah menggunakan dan terjaga keamanan dalam menggunakannya juga diperlukan penyempurnaan kualitas layanan dan penambahan fitur mobile banking yang dapat mendukung proses transaksi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Khoirun Nisak
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 May 2024 02:29
Last Modified: 21 May 2024 02:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27693

Actions (login required)

View Item View Item