Sofiati, Neli (2024) Upaya Guru Dalam menumbuhkan Rasa Ingin Tahu (Curiosity) Peserta didik MelaluiLiterasi Digital Dalam Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas V SDIT Qurrota A’yun Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
203200212_Neli Sofiati_PGMI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Sofiati, Neli. 2024. Upaya Guru Dalam menumbuhkan Rasa Ingin Tahu (Curiosity) Peserta didik MelaluiLiterasi Digital Dalam Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas V SDIT Qurrota A’yun Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. H. Moch. Miftachul Choiri, M.A.
Kata kunci: Guru, Rasa Ingin Tahu, Literasi Digital, Sejarah Kebudayaan Islam.
Rasa ingin tahu (curiosity) merupakan sebuah keinginan untuk memperoleh informasi baru dan pengalaman sensori yang memotivasi sikap untuk melakukan eksplorasi. Kasus yang muncul di SDIT Qurrota A’yun Ponorogo adalah sejumlah siswa kelas V kurang memiliki rasa ingin tahu dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Hal ini tentunya menjadikan kemampuan rasa ingin tahu (curiosity) peserta didik tidak berkembang dengan baik selama pembelajaran berlangsung. Permasalahan tersebut sedikit berkurang saat media pembelajaran diubah menggunakan literasi digital.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Metode yang dipilih guru dalam menumbuhkan rasa ingin tahu peserta didik (2) Dampak menumbuhkan rasa ingin tahu melalui literasi digital dalam mata pelajaran SKI.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang bersifat induktif. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis interaktif Miles, Huberman dan Saldana yang dilakukan dengan tiga tahapan yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan peningkatan ketekunan pengamatan, triangulasi sumber dan perpanjangan pengamatan.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) Upaya guru dalam menumbuhkan rasa ingin tahu peserta didik melalui literasi digital dengan cara memanfaatkan penggunaan sarana prasarana sekolah dalam mata pelajaran SKI dengan melihatkan video pembelajaran melalui LED TV . (2) Dampak Kegiatan literasi digital di SDIT Qurrota A’yun Ponorogo dalam menumbuhkan rasa ingin tahu (curiosity) dalam mata pelajaran SKI yaitu peserta didik selalu bertanya, menunjukkan keterampilan menyimak dan berbicara, menyenangkan dan tidak mudah bosan saat pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Moh. Mitachul Choiri |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 21 May 2024 02:31 |
Last Modified: | 21 May 2024 02:31 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27692 |
Actions (login required)
View Item |