Pengaruh Preferensi Konsumen, Iklan Online dan Live Shopping Terhadap Minat Beli Ulang Shopee pada Generasi Z di Karesidenan Madiun

Arriza, Muhammad Hamim (2024) Pengaruh Preferensi Konsumen, Iklan Online dan Live Shopping Terhadap Minat Beli Ulang Shopee pada Generasi Z di Karesidenan Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
401200080 - Muhammad Hamim Arriza - Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Marketplace Shopee merupakan sebuah platform jual beli online yang paling banyak diminati konsumen Indonesia saat ini. Namun, tak sedikit juga dari konsumen yang merasa tidak puas dengan pelayanan yang diberikan platform tersebut. Hal ini disebabkan oleh berbagai pengalaman buruk yang didapat konsumen saat belanja di Shopee, seperti barang datang tidak sesuai dengan ekspektasi, durasi pengiriman yang terlalu lama, kurangnya informasi yang diperoleh mengenai produk yang dimiliki Shopee dan belum terpenuhinya harapan pelanggan. Pengalaman yang tidak menyenangkan tersebut berpotensi mengurangi minat konsumen untuk melakukan pembelian kembali di platform Shopee. Oleh karena itu, pihak Shopee harus konsisten mempelajari kebutuhan konsumen dan menjaga nama naik perusahaan agar tetap menjadi pilihan konsumen.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah generasi Z di Karesidenan Madiun dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dengan menggunakan metode analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis menggunakan program SPSS 21.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) preferensi konsumen berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang Shopee dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05; (2) iklan online tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang Shopee dengan nilai Sig. 0,981 > 0,05; (3) live shopping berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang Shopee dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05; (4) secara bersama-sama preferensi konsumen, iklan online, dan live shopping berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang Shopee, yang ditunjukkan dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan diperoleh nilai f hitung sebesar 22,409 > f tabel 2,70. Kemudian dari hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa referensi konsumen, iklan online, dan live shopping berpengaruh terhadap minat beli ulang Shopee sebesar 41,2% sedangkan sisanya sebesar 58,8% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Shinta Maharani
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 May 2024 08:41
Last Modified: 20 May 2024 08:41
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27676

Actions (login required)

View Item View Item