Artensia Atanani, Weli (2024) Peran Organisasi Al-Uswah Dalam Pembinaan Akhlak Santri Di Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
WELI ARTENSIA ATANANI_201200422_PAI.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Atanani, Weli Artensia. 2024. Peran Organisasi Al-Uswah Dalam Pembinaan Akhlak Santri Di Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar Ponorogo. Skripsi. 2024. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. M. Syafiq Humaisi, M. Pd.
Kata Kunci: Peran, Organisasi Al-Uswah, Pembinaan Akhlak.
Peran Organisasi Al-Uswah dalam pembinaan akhlak santri sangat penting terutama untuk bekal hidup baik di dunia dan khususnya di akhirat kelak. Peran Organisasi Al-Uswah sebagai contoh teladan yang baik bagi santri dengan menanamkan akhlak mulia kepada santri dan membiasakan santri melakukan kebiasaan baik untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari santri. Adanya Organisasi Al-Uswah dapat membina, membentuk, mengarahkan serta membimbing santri agar memiliki akhlakul karimah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Peran Organisasi Al-Uswah dalam pembinaan akhlak santri di Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar Ponorogo, dan untuk mengetahui dan mendeskripsikan dampak dari peran Organisasi Al-Uswah dalam pembinaan akhlak santri di Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar Ponorogo.
Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan metode penelitian kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Untuk mendapatkan data-data yang valid dilakukan dengan wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Subjek utama yang dijadikan sumber data adalah ustadzah pembimbing Organisasi Al-Uswah dan juga anggota dari Organisasi Al-Uswah. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu, pengumpulan data, kodensasi data, penyajian data dan penarikan simpulan.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa pertama, peran Organisasi Al-Uswah dalam membina akhlak santri yaitu membiasakan santri berpakaian rapi dan sopan, membiasakan santri bertutur kata baik, dan membiasakan santri melaksanakan shalat lima waktu secara berjama’ah dan sebagainya. Kemudian memberikan nasihat dan motivasi mengenai akhlak, menjadi teladan yang baik bagi santri, mengawasi segala tingkah laku santri, dan memberikan hukuman bagi santri yang melanggar peraturan Al-Uswah, dan memberikan reward bagi santri teladan. Kedua, dampak pembinaan akhlak santri yaitu santri seiring berjalannya waktu santri sudah mampu memiliki akhlakul karimah dan mampu menyesuaikan diri hidup di pondok dan dengan adanya peran pembiasaan, nasihat, keteladanan, pengawasan dan pemberian ganjaran (reward) dan hukuman menjadikan santri menyadari dan mengetahui mana perbuatan yang baik dan mana perbuatan yang buruk bagi mereka, yang awalnya memiliki akhlak kurang baik kemudian sedikit demi sedikit memiliki akhlak yang baik walaupun akhlak yang dimiliki masih belum maksimal karena masih dalam proses pembentukan akhlak, seperti santri sudah terbiasa berpakaian sopan dan tertutup, santri terbiasa melakasanakan shalat secara berjama’ah dan sebagainya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | M.Syafiq Humaisi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 20 May 2024 01:37 |
Last Modified: | 20 May 2024 01:37 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27639 |
Actions (login required)
View Item |