Intensifikasi Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila dalam Upaya Mengoptimalkan Moralitas Siswa di MTs Terpadu Hudatul Muna Jenes Ponorogo

Fitriani, Sofia (2024) Intensifikasi Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila dalam Upaya Mengoptimalkan Moralitas Siswa di MTs Terpadu Hudatul Muna Jenes Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SOFIA FITRIANI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Fitriani, Sofia. 2024. Intensifikasi Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila dalam Upaya Mengoptimalkan Moralitas Siswa di MTs Terpadu Hudatul Muna Jenes Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Bustanul Yuliani, M.Pd.I.
Kata Kunci: Intensifikasi nilai, Profil Pelajar Pancasila, Optimalisasi Moralitas
Profil pelajar Pancasila merupakan kurikulum terbaru dengan konsepnya yang membebaskan siswa untuk berfikir secara bebas sesuai dengan potensi yang dimilikinya guna mempersiapkan kehidupan sebagai salah satu warga masyarakat. Dalam upaya menanamkan kebiasaan yang baik melalui nilai-nilai profil pelajar Pancasila. Berbagai penelitian terkait nilai profil pelajar Pancasila telah banyak dilakukan, namun belum ada yang mengambil fokus pada optimalisasi moralitas siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan strategi intensifikasi nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila di MTs Terpadu Hudatul Muna Jenes Ponorogo; (2) menganalisis kontribusi nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila dalam upaya mengoptimalkan moralitas siswa di MTs Terpadu Hudatul Muna Jenes Ponorogo; (3) menemukan faktor pendukung dan faktor penghambat intensifikasi nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila dalam upaya mengoptimalkan moralitas siswa di MTs Terpadu Hudatul Muna Jenes Ponorogo.
Adapun dalam penelitian ini dirancang dengan menggunakan metode kualitatif dengan bentuk pendekatan deskriptif. Pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam (indepth interview), dan dokumentasi. Partisipan penelitian bersumber dari kepala sekolah, guru di MTs Terpadu Hudatul Muna Jenes Ponorogo. Data dari hasil penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data menurut Miles, Huberman dan Johnny Saldana Matthew meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisa data ditemukan bahwa (1) strategi intensifikasi nilai- nilai Profil Pelajar Pancasila menunjukkan adanya nilai yang pertama Beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia yang baik. Adanya nilai mandiri yang telah dibiasakan. Nilai bernalar kritis yang telah diajarkan. (2) kontribusi nilai-nilai profil pelajar Pancasila dalam upaya mengoptimalkan moralitas siswa diantaranya terdapat nilai Beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia yang ditanamkan, kemudian nilai berkebhinekaan global sebagai pelajar yang baik, nilai gotong royong terhadap sesama, nilai mandiri melalui tanggung jawab sebagai pelajar, nilai bernalar kritis yang tinggi, dan nilai kreatif yang dapat mampu dikembangkan. (3) Faktor pendukung proses intensifikasi nilai-nilai profil pelajar Pancasila adalah setiap guru yang bertanggung jawab dalam profil pelajar Pancasila difasilitasi oleh sekolah. Adapun faktor penghambat berasal dari sarana prasarana yang kurang memadai, dan berasal faktor lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Bustanul Yuliani
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 May 2024 01:06
Last Modified: 17 May 2024 01:06
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27607

Actions (login required)

View Item View Item