...(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PENGESAHAN, UPLOAD ULANG)...Pengaruh Model Children Learning In Science (CLIS) Dengan Pendekatan Literasi Sains Terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas VII Mts Al Hikmah Ngrayun

Risqiana, Alfika Shinta (2024) ...(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PENGESAHAN, UPLOAD ULANG)...Pengaruh Model Children Learning In Science (CLIS) Dengan Pendekatan Literasi Sains Terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas VII Mts Al Hikmah Ngrayun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSII ALFIKA SHINTA RISQIANA 211317015.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Risqiana, Alfika Shinta. 2024. Pengaruh Model Children Learning In Science (CLIS) Dengan Pendekatan Literasi Sains Terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas VII MTs Al Hikmah Ngrayun. Skripsi, Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Faninda Novika Pertiwi, M.Pd.

Kata Kunci: Children Learning In Science, Literasi Sains, Pemahaman Konsep
Pemahaman tentang konsep amat penting bagi setiap orang dan sangat dibutuhkan dalam mempelajari IPA. Berdasarkan observasi di MTs Al Hikmah Ngrayun pemahaman konsep peserta didik masih kurang. Penyebab kurangnya pemahaman konsep peserta didik salah satunya dikarenakan model pembelajaran yang kurang bervariasi juga kurang antusiasnya peserta didik dalam mengikuti pelajaran. Untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik diperlukan adanya model pembelajaran yang tepat. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan model pembelajaran CLIS dengan pendekatan Literasi Sains.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS), untuk mendeskripsikan aktivitas peserta didik selama diterapkannya model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS), dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) dengan pendekatan literasi sains terhadap pemahaman konsep peserta didik pada tema kalor dan perpindahannya peserta didik kelas VII MTs Al Hikmah Ngrayun.
Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental Design dengan populasi seluruh peserta didik kelas VII di MTs Al Hikmah Ngrayun. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas VII A sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional dan VII B sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Children Learning In Science. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, angket dan tes. Soal tes berupa soal uraian yang sebelumnya telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan deskriptif kuantitatif dan statistik menggunakan uji-t two-tailed dan uji t one-tailed yang sebelumnya sudah dilakukan uji normalitas dan homogenitas.
Hasil penelitian ini adalah : 1) Keterlaksanaan model pembelajaran Children learning in science terlaksana 86,5% dengan kriteria sangat baik. 2) Pengamatan aktivitas peserta didik kelas VIII A MTs Al Hikmah Ngrayun (kelas eksperimen) berdasarkan angket respon peserta didik didapatkan hasil rata-rata presentase sebesar 82,72%. 3) Berdasarkan hasil Uji t two tailed di P-Value sebesar 0,00 dan kurang dari 0,05 maka HO di tolak sehingga menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran CLIS dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Nilai estimate for difference hasil uji one tiled sebesar 1,450. Hal ini menunjukkan pemahaman konsep kelas eksperimen dikatakan lebih baik dari pada kelas kontrol

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Faninda Novika Pertiwi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 May 2024 01:05
Last Modified: 17 May 2024 01:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27604

Actions (login required)

View Item View Item