Saifulloh, Muhamad (2024) Pengaruh Self-Efficacy Dan Self-Regulated Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa Kelas V di MI Ma’arif Polorejo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
203200203_Muhamad Saifulloh_PGMI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Saifulloh, Muhamad. 2024. Pengaruh Self-Efficacy dan Self-Regulated Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa Kelas V di MI Ma’arif Polorejo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Kurnia Hidayati, M.Pd.
Kata Kunci: Self-efficacy, Self-regulated learning, kemampuan pemecahan masalah matematika
Pendidikan di negara Indonesia bertujuan membentuk karakter bangsa yaitu manusia seutuhnya. Pendidikan tidak terlepas dari kegiatan pembelajaran. Matematika merupakan salah satu disiplin ilmu yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan berargumentasi, memberikan kontribusi dalam menyelesaikan masalah sehari-hari, serta memberikan dukungan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pendekatan pemecahan masalah (problem solving) merupakan fokus dalam pembelajaran matematika yang mencakup masalah tertutup dengan solusi tunggal, masalah terbuka dengan solusi tidak tunggal dan masalah dengan berbagai cara pemecahan. Pada proses pemecahan masalah terdapat faktor-faktor yang mendukung keberhasilan siswa dalam memecahkan masalah, antara lain konsentrasi, sikap terhadap matematika, motivasi untuk berprestasi, harga diri dan keyakinan diri.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh self-efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas V di MI Ma’arif Polorejo, (2) mengetahui pengaruh self-regulated learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas V di MI Ma’arif Polorejo dan (3) mengetahui pengaruh self-efficacy dan self-regulated learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas V di MI Ma’arif Polorejo
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, pengambilan data dilakukan dengan angket dan tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di MI Ma’arif Polorejo yaitu sebanyak 75 orang Pada penelitian ini teknik pengambilan sampel yang digunakan berdasarkan populasi, dengan cara menggunakan nonprobability sampling dengan teknik yang diambil yaitu sampling jenuh (sensus). Data penelitian diuji dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas dan diolah menggunakan analisis regresi linier sederhana dan uji f.
Hasil penelitian ini yaitu (1) Self-efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas V di MI Ma’arif Polorejo. (2) Self-regulated learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas V di MI Ma’arif Polorejo. (3) Self-efficacy dan self-regulated learning tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas V di MI Ma’arif Polorejo.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Kurnia Hidayati |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 16 May 2024 01:19 |
Last Modified: | 16 May 2024 01:19 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27590 |
Actions (login required)
View Item |