Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru dan Tenaga Kependidikan (Studi Kasus di SMPN 2 Slahung)

Hidayah, Aditya Taufik (2024) Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru dan Tenaga Kependidikan (Studi Kasus di SMPN 2 Slahung). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_206200166_ADITYA TAUFIK HIDAYAH.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kajian ini dilatar belakangi oleh banyaknya kepala sekolah yang cenderung lebih fokus pada tugas-tugas administratif dan banyak yang tidak begitu tertarik pada kinerja guru dan tenaga kependidikan, kinerja ini perlu untuk diperhatikan serta ditingkatkan karena akan berdampak kepada kualitas dan keberhasilan lembaga pendidikan dalam mewujudkan visi, misi serta tujuan sekolah. kepala sekolah merupakan manager dilembaga pendidikan yang semestinya menjadi panutan bagi seluruh warga sekolah dan dapat menyusun berbagai program sekolah khususnya bagi peningkatan kinerja guru dan tenaga kependidikan.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini, yaitu: (1) Untuk mengetahui dan menganalisis kompetensi manajerial kepala sekolah dalam perencanaan program peningkatkan kinerja guru dan tenaga kependidikan SMPN 2 Slahung, (2) Untuk mengetahui dan menganalisis kompetensi manajerial kepala sekolah dalam pelaksanaan program peningkatkan kinerja guru dan tenaga kependidikan SMPN 2 Slahung, (3) Untuk mengetahui dan menganalisis kompetensi manajerial kepala sekolah dalam mengevaluasi program peningkatkan kinerja guru dan tenaga kependidikan di SMPN 2 Slahung.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan pengambilan kesimpuan, yang merupakan model Miles, Huberman, dan Saldana. Untuk menguji keabsahan dan kredibilitas data menggunakan cara meningkatkan ketekunan dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini adalah (1) Kompetensi kepala sekolah dalam perencanaan program peningkatan kinerja guru dan tenaga kependidikan di SMPN 2 Slahung diawali dengan merumuskan tujuan, mengidentifikasi masalah, dan menentukan program bersama dengan Tim Penjamin Mutu Pendidikan Sekolah (TPMPS). Perencanaan program dilakukan sekali dalam setahun pada awal tahun ajaran baru, adapun programnya meliputi workshop, bimtek, IHT (in house Training), diklat, program belajar mandiri, serta melakukan monitoring dan supervisi secara berkala. (2) Kompetensi kepala sekolah dalam pelaksanaan program peningkatan kinerja guru dan tenaga kependidikan yaitu dengan memberikan dorongan dan menggerakkan guru dan tenaga kependidikan agar terlibat dalam program, program tersebut dilaksanakan minimal satu tahun sekali sesuai dengan kebutuhan sekolah, selain itu kepala sekolah juga melakukan monitoring dan pengawasan terhadap kinerja dan program yang dilaksanakan, (3) Kompetensi kepala sekolah dalam evaluasi program peningkatan kinerja guru dan tenaga kependidikan dilakukan secara periodik, yang didasarkan pada beberapa laporan program dan laporan kinerja serta hasil monitoring yang dilakukan, hal tersebut dapat mempengaruhi peningkatan kinerja. Dibuktikan dengan guru dan tenaga kependidikan di SMPN 2 Slahung yang mampu menjalankan tugas dan tanggungjawabnya masing-masing.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Syafiq Humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 May 2024 01:19
Last Modified: 14 May 2024 01:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27532

Actions (login required)

View Item View Item