Sofkhatul Hanifah, Alvia (2024) Manajemen Program Sabu Saku dalam Meningkatkan Budaya Literasi Peserta Didik di Perpustakaan SMPN 1 Jetis Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
Manajemen Program Sabu Saku.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Munculnya Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 yang mengangkat
perhatian terhadap penumbuhan budi pekerti dengan pembiasaan peserta didik membaca buku non pelajaran sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai, mengantarkan lembaga sekolah untuk melirik pada kegiatan literasi sekolah. Disusulnya dengan buku panduan Gerakan Literasi Sekolah untuk menjembatani program peningkatan budaya literasi di sekolah. Intervensi dari seluruh warga sekolah sangat dibutuhkan untuk menumbuh kembangkan budaya literasi sekolah, terutama kontribusi dari perpustakaan. Seiring dengan adanya gebrakan literasi, peran perpustakaan sangat nyata adanya untuk mendukung, mendorong dan
menggerakkan budaya literasi sekolah melalui program-program yang telah
direncanakan dan disetujui seluruh warga sekolah.
Berangkat dari dinamika yang berkaitan dengan literasi tersebut, program
perpustakaan dengan branding Sabu Saku hadir untuk membuktikan kepedulian
terhadap budaya literasi sekolah. Tujuan penelitian ini tidak lain untuk
mengungkapkan terkait manajemen program Sabu Saku dalam meningkatkan
budaya literasi peserta didik mulai dari: (1) Perencanaan program Sabu Saku
dalam meningkatkan budaya literasi, (2) Pengorganisasian program Sabu Saku
dalam meningkatkan budaya literasi, (3) Pelaksanaan program Sabu Saku dalam
meningkatkan budaya literasi, (4) Pengendalian program Sabu Saku dalam
meningkatkan budaya literasi.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan
datanya melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pada analisis data
menggunakan pengumpulan data, reduksi data, menyajikan data, penarikan dan
kesimpulan data. Sedangkan pada uji keabsahan data dilaksanakan dengan
ketekunan peneliti, triangulasi sumber dan teknik.
Berdasarkan analisis data telah ditemukan bahwa (1) Perencanaan
perpustakaan dalam program Sabu Saku terdapat delapan aspek antaranya
penyusunan program, Tujuan dan manfaat, Sumber Dana, waktu pelaksanaan
Sabu Saku, penanggung jawab, aspek keenam pelaksana, aspek ketujuh mitra atau
kerja sama dan aspek yang terakhir adalah sasaran. (2) Pengorganisasian
membahas terkait penentuan,pengelompokkan, dan pengaturan aktivitas,pembagian tugas,penyediaan media dan pendelegasian wewenang. (3)
pelaksanaan lebih terhadap peran pemimpin dalam menggerakkan, mendorong
dan memotivasi jalannya program. (4) Pengendalian program ditinjau melalui
pengawasan dan rapat evaluasi. Mengukur keberhasilan program melalui
indikator-indikator yang telah ditetapkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Athok Fu'adi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 13 May 2024 01:53 |
Last Modified: | 13 May 2024 01:53 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27505 |
Actions (login required)
View Item |