..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Kemudahan, Keamanan dan Citra Perusahaan terhadap Loyalitas Nasabah di Madiun dalam Menggunakan BSI Mobile dengan Kepuasan Nasabah sebagai Variabel Intervening

Putri, Rismawati (2024) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Kemudahan, Keamanan dan Citra Perusahaan terhadap Loyalitas Nasabah di Madiun dalam Menggunakan BSI Mobile dengan Kepuasan Nasabah sebagai Variabel Intervening. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
402200195_Rismawati Putri_Perbankan Syariah.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Putri, Rismawati. Pengaruh Kemudahan, Keamanan, dan Citra Perusahaan terhadap Loyalitas Nasabah di Madiun dalam Menggunakan BSI Mobile dengan Kepuasan Nasabah sebagai Variabel Intervening. Skripsi. 2024. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Maulida Nurhidayati, M. Si.
Kata Kunci : Kemudahan, Keamanan, Citra Perusahaan, Loyalitas, Kepuasan
Mobile Banking Bank Syariah Indonesia atau yang lebih sering dikenal dengan sebutan BSI Mobile, adalah aplikasi mobile banking dari Bank Syariah Indonesia, yang dapat digunakan untuk segala jenis transaksi non tunai. Di dalam layanan BSI mobile fitur yang diberikan tidak jauh berbeda dengan fitur yang ditawarkan oleh bank konvensional. Namun yang membedakannya adalah adanya fitur zakat online, juz amma dan asmaul husna, penunjuk masjid terdekat bahkan pengingat jadwal sholat. Penelitian ini dimaksudkan karena terdapat permasalahan yang muncul dan berkaitan dengan loyalitas nasabah. Belum lama ini, tepatnya pada paruh tahun 2023 Bank Syariah Indonesia mengalami serangan hacker oleh pihak yang tidak bertanggung jawab sehingga mengakibatkan BSI Mobile tidak dapat diakses.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh kemudahan, keamanan dan citra perusahaan terhadap loyalitas nasabah di Madiun dalam Menggunakan BSI Mobile dengan Kepuasan Nasabah sebagai Variabel Intervening. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Dalam pengambilan datanya dilakukan menggunakan bantuan kuesioner dengan teknik sampling insidental sebanyak 97 responden. Dalam melakukan pengolahan dan analisis data, langkah-langkah pengujiannya antara lain menggunakan uji validitas dan reliabilitas, asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji R², uji hipotesis (uji t, uji F, uji sobel, analisis jalur).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemudahan tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah. Keamanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah. Citra perusahaan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah. Kepuasan nasabah berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah. Kemudahan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Keamanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Citra perusahaan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Kepuasan tidak mampu memediasi kemudahan terhadap loyalitas nasabah. Kepuasan tidak mampu memediasi keamanan terhadap loyalitas nasabah. Kepuasan mampu memediasi citra perusahaan terhadap loyalitas nasabah di Madiun dengan kepuasan nasabah sebagai variabel intervening.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Maulida Nurhidayati
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 May 2024 01:12
Last Modified: 13 May 2024 01:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27486

Actions (login required)

View Item View Item