..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG)..PENANAMAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB MELALUI PROGRAM PEMBIASAAN PAGI DI MI MAARIF 1 BABADAN, PONOROGO

Fotriani, Fadilatul (2023) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG)..PENANAMAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB MELALUI PROGRAM PEMBIASAAN PAGI DI MI MAARIF 1 BABADAN, PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
REVISI AKHIR SKRIPSI_203190142_Fadilatul Fitriani A5.doc

Download (21MB)

Abstract

Karakter disiplin dan tanggung jawab sangat penting untuk dimiliki anak. Pendidikan karakter di sekolah dasar merupakan salah satu cara dalam membentuk karakter anak, yaitu dengan menerapkan kegiatan pembiasaan-pembiasaan yang dapat menanamkan karakter pada anak, seperti pada MI Ma arif 1 Babadan, Ponorogo yang menerapkan program pembiasaan pagi melalui salat Duha, hafalan Asmaul Husna dan Syi ir Ngudi Susilo.
Tujuan penelitian ini (1) untuk mendeskripsikan pelaksanaan program pembiasaan pagi melalui salat Duha, membaca Asmaul Husna dan Syiir Ngudi Susilo dalam menanamkan karakter disiplin siswa MI Maarif 1 Babadan, Ponorogo; (2) untuk mendeskripsikan pelaksanaan program pembiasaan pagi dalam menanamkan karakter tanggung jawab siswa MI Maarif 1 Babadan, Ponorogo; (3) untuk menjelaskan faktor pendukung pelaksanaan program pembiasaan pagi melalui salat Duha, hafalan Asmaul Husna dan Syiir Ngudi Susilo dalam menanamkan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa di MI Maarif 1 Babadan, Ponorogo; (4) untuk menjelaskan faktor penghambat pelaksanaan program pembiasaan pagi melalui salat Duha, hafalan Asmaul Husna dan Syiir Ngudi Susilo dalam menanamkan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa di MI Maarif 1 Babadan, Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman, yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penanaman karakter disiplin melalui pelaksanaan salat Duha, hafalan Asmaul Husna dan Syi ir Ngudi Susilo , yaitu dengan penerapan sanksi kepada siswa yang tidak mematuhi tata tertib selama pembiasaan yang diawasi langsung oleh guru. Guru juga memberikan bimbingan mengenai nilai-nilai karakter disiplin dalam Asmaul Husna dan Syi ir Ngudi Susilo serta contoh penerapannya melalui nasihat dan keteladanan dari guru; (2) Penanaman karakter tanggung jawab melalui pelaksanaan salat Duha, hafalan Asmaul Husna dan Syiir Ngudi Susilo dengan pemberian sanksi kepada siswa yang tidak tertib selama pembiasaan salat Duha. Siswa juga dijelaskan tentang tanggung jawab melalui makna dan kandungan serta bimbingan dan evaluasi dari guru kepada peserta didik mengenai perilaku-perilaku keseharian siswa yang dikaitkan dengan makna atau kandungan yang ada di dalam Asmaul Husna dan Syi ir ngudi Susilo; (3) Faktor pendukung pelaksanaan program pembiasaan pagi, yaitu dari kebijakan sekolah, sarana dan prasarana, media, metode dan guru pembimbing; (4) Faktor pendukung pelaksanaan program pembiasaan pagi, yaitu dari kesadaran diri siswa, orang tua, motivasi siswa dan keterbatasan waktu pembiasaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yuentie Sova Puspidalia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jan 2024 03:55
Last Modified: 10 Jan 2024 03:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27066

Actions (login required)

View Item View Item