..(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)..EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF ILMU PENGETAHUAN ALAM MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 PONOROGO

Winda, Ayu (2023) ..(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)..EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF ILMU PENGETAHUAN ALAM MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Ayu, Winda Maysita. 2023. Efektivitas Pembelajaran Treffinger Terhadap
Kemampuan Berpikir Kreatif Ilmu Pengetahuan Alam Madrasah
Ibtidaiyah Negeri 2 Ponorogo. SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Ponorogo. Pembimbing Esti Yuli Widayanti, M. Pd.
Kata Kunci : Efektivitas, Model Pembelajaran Treffinger , Kemampuan
Berpikir Kreatif
Penelitian berawal dari rendahnya kemampuan berpikir tingkat tinggi
pemikiran mendasar dan kritis di MIN 2 Ponorogo. Faktor yang 1) siswa
cenderung tidak menjawab ketika guru memberikan pertanyaan menunjukkan
kelancaran siswa dalam mengemukakan gagasannya, 2) dalam menjawab
soal/permasalahan, siswa hanya memberikan jawaban yang sesuai dengan apa
yang dicontohkan guru. Kemampuan siswa mencari alternatif jawaban dari
permasalahan masih kurang, sehingga belum tampak keluwesan siswa
memikirkan alternatif jawaban yang bervariasi, 3) siswa masih menghafalkan atau
meniru apa yang diberikan oleh guru, sehingga hal tersebut siswa belum tampak
berpikir orisinil dalam menyelesaikan suatu masalah, 4) siswa belum mampu
menjelaskan secara rinci maupun runtut dari suatu masalah yang diberikan oleh
guru, sehingga mengelaborasi siswa belum tampak dalam memecahkan suatu
masalah. Hasil penelitian di SDN Mataram I pembelajaran IPA kelas IV SD dan
siswa kelas IV pada semester 2 tahun pelajaran 2018/2019 menunjukkan
mencapai 6,80 dan di SD Negeri 5 Mataram baru mencapai 5,73.
Tujuan untuk mengetahui 1) mengetahui pelaksanaan pembelajaran
menggunakan model pembelajaran treffinger pada siswa kelas IV Madrasah
Ibtidaiyah Negeri 2 Ponorogo 2) mengetahui kemampuan berpikir kreatif
menggunakan model pembelajaran treffinger siswa kelas IV MIN 2 Ponorogo 3)
mengetahui efektivitas model pembelajaran treffinger terhadap kemampuan
berpikir kreatif mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas IV Madrasah
Ibtidaiyah Negeri 2 Ponorogo secara signifikan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif
dengan desain penelitian Quasi Eksperimen Nonequivalent Control Group
Desain. Penelitian ini peneliti melibatkan seluruh siswa kelas IV di MIN 2
Ponorogo, dimana kelas IV di kelas eksperimen (model treffinger) kelas IV Asy-
Syakur dengan jumlah 23 siswa, sedangkan kelas kontrol (pendekatan saintifik)
kelas Al-Hafidz. Instrumen pengumpulan data berupa tes kemampuan berpikir
kreatif dan lembar observasi.
Hasil data ditemukan (1) model pembelajaran treffinger dapat
meningkatkan kemampuan Ilmu Pengetahuan Alam pada nilai rata-rata pretes
siswa sebesar 85,24 setelah diberikan perlakuan model pembelajaran treffinger
meningkat menjadi 94,29.(2) Efektivitas pembelajaran treffinger dengan nilai Uji
independent sample T-test) menunjukkan nilai Sig(2-tailed) 0,003< 0,05 dan N-
gain 96,3>76 dinyatakan efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Esti Yuli Widayanti
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jan 2024 01:49
Last Modified: 09 Jan 2024 01:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/27009

Actions (login required)

View Item View Item