Penggunaan strategi Scaffolding dalam menulis untuk siswa kelas 1 di MI Ma'arif Polorejo Ponorogo

Sholichah, Siti Wachidatus (2023) Penggunaan strategi Scaffolding dalam menulis untuk siswa kelas 1 di MI Ma'arif Polorejo Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203190182_Siti Wachidatus Sholichah_Pendidikan Guru MI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kunci: Strategi, Scaffolding, Menulis.
Strategi memiliki peran yang sangat penting didalam pembelajaran.
Strategi adalah cara yang telah di tempuh oleh seorang pendidik untuk
mengajarkan sesuatu kepada siswanya. Dalam penentuan atau pemilihan strategi
pembelajaran setidaknya harus disesuaikan dengan materi pembelajaran yang
akan diajarkan kepada peserta didik.
Anak kelas 1 mengalami kesulitan dalam menulis seperti halnya masih
banyak anak yang masih bingung untuk membedakan abjad satu dengan yang
lainnya. Ada juga yang masih menulisnya terbalik seperti huruf “b” ditulis
menjadi “d” dan sebaliknya. Seringkali anak-anak dalam menulis huruf maupun
kata nya masih kurang. Probematika tersebut juga sesuai dengan wawancara
bersama Ibu Rifcy selaku wali kelas 1 Usman bin Affan di MI Ma’arif Polorejo
mengatakan bahwa ada anak yang terlambat dalam hal menulis dia selalu
bermain-main dalam kelas dan sewaktu di beri pelajaran atau dalam materi untuk
di tulis siswa itu selalu menangis dan tidak mau menulis dikarenakan dia belum
bisa membedakan antara abjad satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu peneliti
memfokuskan pada anak yang memiliki keterlambatan dalam hal menulis. Hal ini
dikarenakan peneliti menemukan masalah tersebut sehingga layak untuk di teliti
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui kemampuan menulis
siswa kelas 1 di Mi Ma’arif Polorejo, (2) Untuk mengetahui pelaksanaan
penerapan strategi scaffolding untuk menumbuhkan kemampuan menulis siswa
kelas 1 di MI Ma’arif Polorejo.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dimana peneliti akan
menggunakan latar belakang alami sebagai sumber data langsung dan peneliti
sendiri merupakan instrumen kunci dalam penelitian ini. Penelitian ini dilakukan
di MI Ma’arif Polorejo dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang
berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data Miles and Huberman
dalam analisis data kualitatif dilakukan secara Interaktif dan berlangsung secara
terus menerus sampai tuntas, dengan langkah langkah pengumpulan data reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kesulitan siswa dalam
menulis juga terjadi di kelas kelas 1 MI Ma’arif Polorejo. Berdasarkan hasil
observasi dan wawancara dengan guru di kelas kelas 1 MI Ma’arif Polorejo, guru
memberi informasi bahwa di kelas 1 terdapat beberapa siswa yang kemampuan
menulisnya tergolong rendah. Guru itu berpendapat, kemungkinan hal ini terjadi
karena guru belum dapat menerapkan metode yang tepat untuk meningkatkan
kemampuan menulis siswa. (2) Penerapan strategi scaffolding untuk
memumbuhkan kemampuan menulis siswa kelas 1 di MI Ma’arif Polorejo ini
dengan cara memberikan contoh menulis seperti guru memberikan materi di
papan tulis dan siswa terlebih dahulu di anjurkan untuk mengamati sebelum
menulis agar siswa memahami dan bisa mencontoh bagaimana cara menulis yang
baik dan benar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Tintin Susilowati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Dec 2023 03:19
Last Modified: 27 Dec 2023 03:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26830

Actions (login required)

View Item View Item