Efektivitas Strategi Know-Want to know-Learned Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Masalah Kelas V pada Pembelajaran IPA di MI Darul Muta'allimin Patianrowo Nganjuk

Maghfirah, Richa Alfi (2023) Efektivitas Strategi Know-Want to know-Learned Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Masalah Kelas V pada Pembelajaran IPA di MI Darul Muta'allimin Patianrowo Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203190084_RICHA ALFI MAGHFIRAH_PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah kemampuan penyelesaian masalah
pada pembelajaran IPA di Kelas V MI Darul Muta’allimin Patianrowo Nganjuk
masih rendah. Dari informasi yang peneliti dapatkan ada sebagian peserta didik yang
kurang dalam mengetahui maksud dari isi soal, peserta didik belum dapat
menentukan penjelasan apa saja yang tepat guna menyelesaikan masalah,
menyebutkan penjelasaan yang tepat untuk menjawab soal, dan peserta didik tidak
mengulang kembali membaca jawaban terhadap masalah pada soal yang berkaitan
dengan topik bahasan. Sehingga pada penelitian ini peneliti mencoba menggunakan
strategi, salah satunya menggunakan strategi Know-Want to know-Learned. Strategi
Know-Want to know-Learned digunakan karena termasuk strategi yang
mengedapankan keaktifan peserta didik dalam membaca baik sebelum ataupun
setelah mengetahui berdasarkan pengetahuan yang dimiliki, menemukan informasi
belum dan sudah diketahui dan menuliskannya kembali.
Dari latar belakang tersebut, peneliti memiliki tujuan penelitian untuk (1)
mengetahui aktivitas peserta didik dalam menyelesaikan masalah menggunakan
strategi Know-Want to know-Learned di kelas V, (2) mengetahui kemampuan
penyelesaian masalah pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol kelas V, dan
(3) mengetahui efektivitas strategi Know-Want to know-Learned terhadap
kemampuan penyelesaian masalah di kelas V MI Darul Muta’allimin Patianrowo
Nganjuk pada pembelajaran IPA.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
Quasi Eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik adalah random
sampling. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan tes dengan pretest dan
posttest. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji t dan N-Gain score.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) Dalam aspek aktivitas
peserta didik dengan intensitas dua pertemuan didapatkan peningkatan persentase
dari 92% yang di interpretasikan sangat baik. (2) Pada tes akhir atau posttest
didapatkan hasil kemampuan penyelesaian masalah yakni 14% dengan kategori
tinggi, 71% dengan kategori cukup, dan 14% dikategorikan kurang. (3) Hasil N-Gain
score didapatkan bahwa kelas eksperimen dengan pembelajaran menggunakan
strategi Know-Want to know-Learned dinyatakan sedang dari semua rata-rata
indikator kemampuan penyelesaian masalah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Retno Widyaningrum
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Dec 2023 02:35
Last Modified: 18 Dec 2023 02:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26743

Actions (login required)

View Item View Item