Mengembangkan Kreativitas Siswa dalam Pengelolaan Sampah melalui Program Adiwiyata di MIN 4 Madiun

Khodijatul Qubro, Nia Aulia (2023) Mengembangkan Kreativitas Siswa dalam Pengelolaan Sampah melalui Program Adiwiyata di MIN 4 Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NIA AULIA KHODIJATUL QUBRO 203190277 UPLOAD ETHESES.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pemanfaatan sampah menjadi karya seni melalui program Adiwiyata di MIN 4 Madiun. Guru MIN 4 mengungkapkan bahwa permasalahan peserta didik yaitu banyaknya sampah plastik yang ada disekitar sekolah seperti botol plastik, gelas plastik, sampah plastik makanan. peserta didik yang selalu membuang sampah sembarangan tanpa mereka memilahnya antara sampah organik dengan sampah an-organik. MIN 4 Madiun merupakan salah satu sekolah adiwiyata mandiri yang berada di Kabupaten Madiun. Di sekolah ini terdapat banyak sampah plastik yang berserakan di ruang kelas, halaman sekolah, teras kelas yang membuat kepala sekolah dan guru bingung untuk dijadikan barang supaya bermanfaat. Ada salah satu anak yang kreatif untuk mejadikan sampah plastik menjadi barang yang dapat digunakan kembali.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) bentuk kreativitas siswa dalam pengelolaan sampah plastik menjadi karya seni melalui program Adiwiyata di MIN 4 Madiun, (2) faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pengelolaan sampah plastik menjadi karya seni melalui program Adiwiyata di MIN 4 Madiun, dan (3) keterkaitan kreativitas siswa dengan program Adiwiyata di MIN 4 Madiun.
Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan metode kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5, 1 orang guru wali kelas 5, 1 orang guru sebagai penanggungjawab Adiwiyata di MIN 4 Madiun, dan 1 orang kepala madrasah di MIN 4 Madiun. Pengambilan data dilakukan secara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang didapatkan selanjutnya dianalisis menurut langkah analisis Milles&Huberman yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Peserta didik melakukan pemilahan sampah, menggunakan kembali, dan mendaur ulang sampah dengan memberikan dua tempat sampah yang ada di ruang kelas digunakan untuk pemilahan sampah. Tempat sampah yang satu digunakan untuk pembuangan sampah yang dimanfaatkan menjadi kompos yang berasal dari dedaunan bisa hancur sendirinya. Faktor pendukung siswa dalam pengolahan sampah plastik menjadi karya seni yaitu mata pelajaran PLH yang didalamnya ada materi 3R (Reuse, Reduce dan Recyle) peserta didik dapat mengambil hikmahnya supaya tidak membuang sampah secara sembarangan serta dapat memanfaatkan sampah an-organik menjadi karya seni; serta mengintegrasikan mata pelajaran PLH dengan mata pelajaran lainnya seperti mengintegrasikan dengan mata pelajaran SBdP. Faktor penghambat siswa dalam pengolahan sampah plastik menjadi karya seni yaitu peserta didik kurang telaten untuk mengerjakan hasil karya dari kreativitas mereka sendiri; peserta didik mengeluh karena mereka tidak mau berinterakasi dengan barang-barang kotor/sampah yang kotor; serta jarang ditemukannya sampah plastik karena tidak ada kantin di MIN 4 Madiun. Berdasarkan kegiatan, ternyata dengan banyak latihan (belajar) bisa menambah kreativitas, baik aspek keluwesannya, maupun aspek keaslian dan jumlah, dari jenjang yang rendah sampai pada jenjang yang tinggi. Maka dari itu perlu disediakan kesempatan belajar di sekolah yang cocok untuk menunjang kreativitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: 13
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Dec 2023 02:08
Last Modified: 18 Dec 2023 02:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26730

Actions (login required)

View Item View Item