Identifikasi Kemampuan Pemecahan Masalah Berbasis HOTS Berdasarkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SDN Mojomanis 2 Ngawi

Kurniawati, Septin (2023) Identifikasi Kemampuan Pemecahan Masalah Berbasis HOTS Berdasarkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SDN Mojomanis 2 Ngawi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190299_Septin Kurniawati_PGMI...pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Kurniawati, Septin. 2023. Identifikasi Kemampuan Pemecahan Masalah Berbasis HOTS Berdasarkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SDN Mojomanis 2 Ngawi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Anis Afifah, M.Pd.
Kata kunci: Pemecahan Masalah, HOTS, Hasil Belajar
Penelitian ini fokus pada identifikasi kemampuan pemecahan masalah berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) dengan mempertimbangkan tingkat resiliensi akademik pada siswa kelas IV di SDN Mojomanis 2 Ngawi. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif (fenomenologi), data dikumpulkan melalui observasi, tes tulis, wawancara, dan dokumentasi terhadap 22 siswa.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa dari 22 siswa, 5 siswa dengan kemampuan tinggi mampu mengaplikasikan keterampilan berpikir tingkat tinggi, sejalan dengan Teori Jean Piaget tentang perkembangan kognitif kecerdasan pola pikir pada anak, dalam menyelesaikan masalah IPA. Mereka menunjukkan pemahaman mendalam terhadap masalah dengan analisis yang teliti, mampu menjelaskan sebab, akibat, solusi, alasan, dan kesimpulan dari peristiwa yang diberikan. Sebaliknya, 12 siswa dengan kemampuan sedang mengalami tantangan dalam menerapkan prinsip-prinsip berpikir tingkat tinggi dalam situasi nyata.
Perbedaan antar subjek mencerminkan variasi dalam kemampuan berpikir, dan kesadaran guru kelas tentang perluasan pemahaman siswa terkait HOTS dan LOTS menunjukkan perlunya upaya lebih lanjut untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah mereka. Di sisi lain, 5 siswa dengan kemampuan rendah menunjukkan potensi untuk pengembangan lebih lanjut dalam keterampilan berpikir tingkat tinggi, khususnya dalam pemecahan masalah IPA. Temuan penelitian ini memberikan wawasan tentang diversitas tingkat kemampuan berpikir tingkat tinggi di antara siswa kelas IV, menggarisbawahi pentingnya pendekatan dan strategi pengajaran yang mendukung perkembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada semua tingkatan kemampuan siswa.
Berdasarkan hasil analisis diatas disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa dilihat dari indikator-indikator pemecahan masalah berbasis HOTS untuk meningkatkan hasil belajar siswa sebagai berikut: (1) siswa sudah menuliskan informasi hanya saja informasi yang dituliskan siswa untuk setiap soal masih belum lengkap, bahkan ada yang tidak sama sekali menuliskan informasi yang diberikan. (2) Dalam membuat rencana hampir seluruh siswa bisa menentukan rencana yang dibuat untuk Sebagian soal, sebagian soal lainnya siswa salah dalam menuliskan rencana pengerjaan. (3) Menentukan rencana yang salah membuat siswa keliru dalam menuliskan hasil yang ada. Bahkan ada beberapa siswa salah dalam perhitungan. (4) Dalam tahap evaluasi kembali siswa belum mampu melaksanakan secara sempurna. Jawaban siswa pada indikator ini masih banyak yang belum lengkap. Hal tersebut membuat siswa tidak dapat menemukan jawaban yang diminta.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Anis Afifah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Dec 2023 02:12
Last Modified: 15 Dec 2023 02:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26714

Actions (login required)

View Item View Item