Penerapan Metode Mind Mapping Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas IX MTs Muhammadiyah 1 Ponorogo

Hidayah, Dwi Putri Nur (2023) Penerapan Metode Mind Mapping Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas IX MTs Muhammadiyah 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201190065_DWI PUTRI NUR HIDAYAH_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Hidayah, Dwi Putri Nur. 2023 Penerapan Metode Mind Mapping Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas IX MTs Muhammadiyah 1 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Dr. Ju’subaidi, M.Ag.
Kata Kunci: Metode Mind Mapping, Konsentrasi Belajar, Akidah Akhlak
Setiap sekolah tentunya memiliki metode pembelajaran dalam
menyampaikan materi kepada siswanya. Dalam pembelajaran, penerapan metode pembelajaran penting digunakan untuk mengetahui konsentrasi belajar siswa. Beberapa metode pembelajaran sudah diterapkan oleh guru pada pelajaran akidah akhlak. Kenyataannya masih ada siswa yang tidak konsentrasi ketika mengikuti pembelajaran. Guru memilih menggunakan metode pembelajaran mind mapping untuk mengetahui meningkatnya konsentrasi belajar siswa, karena didalam metode pembelajaran mind mapping siswa dapat mengembangkan kreativitas,serta cara mengukur konsentrasi belajar siswa tidak hanya dengan tes tulis dan tes
lisan melainkan penilaian sikap ketika siswa mengikuti pembelajaran dikelas.
Tujuan dari penelitian kali ini adalah (1) Untuk mengetahui penerapan metode mind mapping pada kelas IX MTs Muhammadiyah 1 Ponorogo. (2) Untuk
mengetahui cara mengukur meningkatnya konsentrasi belajar siswa setelah diberlakukannya metode mind mapping.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan objek penelitian di MTs Muhammadiyah 1 Ponorogo. Subjek penelitian yaitu guru akidah akhlak. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi
dan dokumentasi. Informan berasal dari guru yang menerapkan metode pembelajaran mind mapping didalam kelas. Data hasil penelitian dianalisis
menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) Penerapan metode mind mapping yang dilakukan di kelas IX MTs Muhammadiyah 1 Ponorogo sudah baik, karena penerapannya sesuai dengan RPP. Pelaksanaan metode pembelajaran mind
mapping pada pelajaran akidah akhlak dapat mengembangkan kreativitas siswa dan dapat meningkatkan konsentrasi belajar siswa. Proses pembelajarannya berjalan dengan baik dan benar karena siswa senang dalam menerapkan metode
mind mapping. Keadaan kelas ketika guru sedang menerangkan materi dengan menggunakan metode mind mapping, keadaan kelas tenang dan siswa mememperhatikan dengan seksama. Hal ini dapat menjadikan siswa lebih fokus dan konsentrasi ketika pembelajaran sedang berlangsung. (2) Cara mengukur
untuk mengetahui meningkatnya konsentrasi belajar sudah baik, yaitu dengan cara tanya jawab secara lisan atau dengan penilain sikap. Pada pelajaran akidah akhlak
konsentrasi belajar siswa dapat dilihat dari sikap ketika siswa dalam melakukan pembelajarannya atau melakukan kegiatan yang diarahkan hal ini bisa dinilai jika siswa cakap dan tidaknya, menguasai atau tidaknya tentang materi yang dijelaskan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ju'subaidi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 01 Dec 2023 01:21
Last Modified: 01 Dec 2023 01:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26542

Actions (login required)

View Item View Item