Prayogi, Antony Triyas (2023) Pemanfaatan Isntagram @pPemkotmadiun_ Sebagai Media Promosi Pahlawan Street Center Kota Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
Etheses_AntonyTriyasPrayogio.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penggunaan media sosial Instagram digunakan oleh masyarakat dalam melakukan banyak aktivitas mulai dari entertainment, melakukan bisnis, mencari info atau aktivitas lainnya. Dengan adanya Instagram yang memiliki jangkauan luas seluruh dunia, masyarakat mula mengubah cara promosi mereka dari yang bersifat konvensional menjadi bersifat modern yaitu mempromosikan dengan menggunakan media sosial. Promosi melalui media sosial akan memengaruhi faktor eksternal yang mempengaruhi persepsi konsumen akan sebuah produk, yang kemudian akan mempengaruhi minat beli konsumen. Menggunakan media sosial dengan maksud memasarkan produk atau jasanya, memberikan informasi tertentu kepada konsumen dan mempromosikan produk yang dihasilkannya.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana Instagram digunakan sebagai media promosi oleh destinasi Wisata Pahlawan Street Center Kota Madiun yang dikelola oleh bagian tim Kreatif melalui akun Instagram @pemkotamadiun_ serta untuk mengetahui respon follower terhadap postingan akun Instagram @pemkotamadiun_. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan mengumpulkan data melalui wawancara dan dokumentasi kemudian menganalisisnya menggunakan teori bauran pemasaran atau marketing mix serta keterkaitan penggunaan fitur Instagram. Kemudian dilakukan uji validitas data dengan menggunakan metode triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa dalam mempromosikan Wisata Pahlawan Street Center Kota Madiun menggunakan media Instagram berupa post, caption, komentar, hashtag, tag, like, followers, mention, geotagging, Instagram story, live Instagram dan Reels Instgram dapat mendukung proses promosi online dalam memberikan informasi, dan mempengaruhi wisatawan untuk berkunjung ke Wisata Pahlawan Street Center Kota Madiun. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan beberapa follower, media sosial Instagram efektif dalam meningkatkan minat pengunjung. Dibuktikan dengan pernyataan follower yang mengetahui Wisata Pahlawan Street Center Kota Madiun melalui postingan dari akun @pemkotamadiun_.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Muchlis Daroini |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 24 Nov 2023 01:24 |
Last Modified: | 24 Nov 2023 01:24 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26354 |
Actions (login required)
View Item |