Aldiantoro, Muh.Rigan (2023) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)..Strategi Komunikasi Pemasaran Akun TikTok Kunans Dalam Menaikkan Jumlah Views. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
Etheses_Muh.Rigan Aldiantoro.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Akun TikTok Kunans adalah salah satu konten kreator terbesar di Ponorogo, dengan nama besar yang dimilikinya menjadi kelebihan untuk membuat konten dan bisa menarik terutama masyarakat Ponorogo. Kendala dari Akun TikTok Kunans ketika tidak sengaja melanggar panduan komunikat di aplikasi TikTok dan mempengaruhi algoritma TikTok untuk konten dari Kunans susah masuk ke beranda aplikasi para pengguna.
Kemudian dari segi penonton atau views adalah faktor yang berpengaruh untuk kelanjutan sebuah eksistensi akun TikTok. Masalah yang dihadapi akun TikTok Kunans disini adalah penurunan jumlah views ketika suatu ketika akun TikTok miliknya pernah diblokir dan berpengaruh dari segi views dan juga aktivitas dala membuat konten. Di sini tujuan untuk mengatasi masalah tersebut dengan mengetahui jenis strategi komunikasi pemasaran dan juga aktitvitas komunikasi pemasaran yang digunakan. Salah satu tantangan yang harus dihadapi akun TikTok Kunans dalam menjaga nama besar yang sudah dimilikinya. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Sedangkan, analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini sebagai berikut, Jenis Strategi Komunikasi pemasaran untuk menaikkan jumlah views yang digunakan akun TikTok Kunans adalah Push Strategy dan Pull Strategy. Kunans menggunakan jenis strategi Komunikasi pemasaran push strategy untuk mendorong kinerja para pemeran yang akan diberikan bonus dengan tambahan gaji disetiap konten yang memiliki views tinggi. Strategi komunikasi pemasaran yang kedua menggunakan pull strategy untuk menjaga kualitas konten yang bertujuan agar citra atau image akun TikTok Kunans selalu terjaga. Aktivitas komunikasi pemasaran akun TikTok Kunans dalam menaikkan jumlah views, Menggunakan iklan dan juga Public relation. Aktivitas komunikasi pemasaran yang pertama ada iklan yang digunakan oleh tim Kunans dalam pemasaran kontennya, platform yang digunakan ada instagram yang bisa menjangkau secara luas untuk jumlah views yang diinginkan. Dan yang terakhir ada public relation dari tim Kunans dengan mengadakan giveaway dan juga live disetiap waktu, dengan menggunakan hal tersebut bisa menambah hubungan antara Kunans dan juga para viewer.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Galih Akbar Prabowo |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 24 Nov 2023 01:19 |
Last Modified: | 24 Nov 2023 01:19 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26349 |
Actions (login required)
View Item |