Nurul Hidayanti, Isna (2023) ..(GUNAKAN TD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..Pola Komunikasi Persuasif pada Postingan Akun Instagram @ittiba.id dalam Menyampaikan Pesan Dakwah. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
|
Text
skripsi uploud.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Perkembangan teknologi mengantarkan masyarakat sebagai masyarakat
informasi, internet dan dunia maya menjadi hal yang sangat diminati. semakin
masifnya pengguna media sosial, kiranya akan sangat disayangkan jika hal tersebut
hanya digunakan untuk sebatas komunikasi dan mengakses informasi-informasi
yang kadang kala tidak penting dan tidak bermanfaat. Lebih dari itu, media sosial
bisa kita manfaatkan untuk sarana berdakwah; menebar kabaikan, dan mengajak
orang lain berbuat baik. Hal ini lah yang melatar belakangi munculnya media-media
dakwah digital sekaligus menarik perhatian penulis untuk meneliti bagaimana pola
komunikasi yang dilakukanakun akun dakwah @ittiba.id dalam media sosial
Instagram. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, menggunakan
analisis isi (content analisys) pada 110 postingan yang di unggah akun Instagram
@ittiba.id periode Desember sampai Januari 2023. Adapun rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah 1. Apa saja isi informasi dalam postingan akun instagram
@ittiba,id ? 2. Bagaimana teknik komunikasi persuasif digunakan dalam postingan
akun Instagram @ittiba.id? 3. Bagaimana respon mad’u terhadap pesan dakwah
dalam postingan akun Instagram @ittiba.id?. Hasil dari penelitian ini adalah; 1.
Dari 110 postingan periode Desember sampai Januari 2023 yang diteliti, isi
postingan akun instagram @ittiba.id dikategorikan dalam sembilan tema postingan,
yakni ibadah, pernikahan, adab, tradisi, parenting, sunnah, toleransi, sedekah, dan
kematian. Setelah di klasifikasikan berdasarkan pesan dakwah syariah, akhlak, dan
akidah menunjukkan kategori syariah merupakan postingan terbanyak yaitu 45
postingan. Kategori akhlak terdapat 32 postingan. Sedangkan kategori akidah
merupakan postingan paling sedikit yaitu hanya 25 postingan dari keseluruhan
jumlah. 2. Adapun teknik komunikasi persuasif yang digunakan akun @ittiba.id
adalah; teknik asosiasi, teknik integrasi, teknik tataan, dan teknik ganjaran. Dari
keempat teknik komunikasi persuasif tersebut, teknik yang paling dominan
digunakan adalah teknik tataan dengan ketiga lainnya digunakan sebagai penguat
masing-masing tema postingan. Artinya akun @ittiba.id mengutamakan konsistensi
penataan pesan dakwah serta tampilan pada poster agar dengan mudah mendapat
perhatian dan dikenali komunikan/ mad’u. 3. Postingan yang menggunakan teknik
integrasi, tataan, dan ganjaran memunculkan peluang penerimaan dengan respon
persetujuan. Adapun teknik asosiasi terdapat beberapa respon ketidak setujuan
dengan pesan yang disampaikan oleh akun @ittiba.id yang disebabkan oleh
perbedaan pendapat terhadap kasus/ fenomena yang disajikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160805 Social Change |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 02:02 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 02:02 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25768 |
Actions (login required)
View Item |