PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM PADA PELAYANAN CUSTOMER SERVICE (Studi Pada PT. Pos Indonesia KCP Magetan)

Dwi Ratnasari, Violina (2023) PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM PADA PELAYANAN CUSTOMER SERVICE (Studi Pada PT. Pos Indonesia KCP Magetan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
401190325_Violina Dwi Ratnasari_Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pelayanan merupakan usaha untuk melayani atau pemenuhan kebutuhan orang lain secara langsung. Pada kegiatan pelayanan perusahaan harus menyiapkan karyawan yang berkompeten, handal, dan dapat dipercaya dalam menangani keluhan para pelanggan. Dalam hal ini ujung tombak dalam dunia pelayanan adalah customer service. Customer service adalah orang yang memberikan pelayanan kepada pelanggan pada saat ataupun setelah melakukan pembelian produk dan layanan. Penelitian ini didasarkan pada pelayanan customer service PT.Pos Indonesia KCP Magetan masih belum efektif dilakukan. Peneliti tertarik untuk meneliti terkait banyak kasus keluhan dan hambatan mengenai keterlambatan pengiriman paket. Jika paket yang dikirim oleh pelanggan tidak sampai tepat waktu. Tujuan dilaksanakan penelitian ini untuk mengetahui etika binis Islam pada pelayanan customer service PT.Pos Indonesia KCP Magetan
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan mengenai etika bisnis islam pada pelayanan customer service. Pendekatan kualitatif merupakan metode penelitian dengan data deskriptif berupa bahasa tertulis maupun lisan. Sumber data yang digunakan adalah berupa data primer dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara pada tempat penelitian.
Kesimpulan dari penelitian etika bisnis Islam pada pelayanan customer service PT. Pos Indonesia KCP Magetan dilihat dari prinip etika bisnis islam telah diterapkan antara lain prinsip kejujuran bahwa pelayanan customer service pada saat memberikan informasi telah berdasarkan prinsip kejujuran. Prinsip bertanggung jawab customer service selalu menyelesaikan keluhan hingga teratasi. Berdasarkan prinsip kompetensi yang sehat, customer service selalu menerapkan pelayanan dengan cara melakukan promosi bisnis yang sehat atau melakukan kerjasama pengiriman surat maupun barang. Pada prinsip keadilan pelayanan customer service sudah menerapkan pelayanan yang adil terhadap pelanggan. Sedangkan pada kendala pelayanan banyak terjadi pada kasus pengiriman yang terlambat karena cuaca buruk, penerima paket tidak ada dirumah, atau kemacetan dijalan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muchtim Humaidi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Sep 2023 05:43
Last Modified: 25 Sep 2023 05:43
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25594

Actions (login required)

View Item View Item