Zanah, Ulfa Maftaqul (2023) UPAYA PENANAMAN KECERDASAN SPIRITUAL PADA PEMBELAJARAN FIQIH SISWA KELAS IV DI MIN 1 PONOROGO TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
E _203190308_ULFA MAFTAQUL ZANAH_ETESSIS (1).pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Zanah, Ulfa Maftaqul. 2023. Upaya Penanaman Kecerdasan Spiritual Pada
Pembelajaran Fiqih Siswa Kelas IV di MIN 1 Ponorogo Tahun Ajaran
2022/2023. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah,
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri
Ponorogo. Pembimbing: M. Fathurahman, M.Pd. I.
Kata kunci: Upaya Penanaman, Kecerdasan Spiritual, Pembelajaran Fiqih
Kemajuan teknologi membuat generasi penerus bangsa ini semakin
melupakan ilmu agama, sehingga mengakibatkan melemahnya karakter dan
akhlak peserta didik yaitu dilihat dari ucapan, perilaku dan sikap yang kurang
baik, maka dari itu perlu ditanamkannya kecerdasan spiritual pada pembelajaran
Fiqih siswa kelas IV di MIN 1 Ponorogo. Kecerdasan spiritual dapat
menumbuhkan nilai-nilai agama sebagai landasan untuk melakukan sesuatu yang
positif sehingga dapat berkembang menjadi lebih baik.
Tujuan dari penelitian ini adalah; (1) Untuk mengetahui bagaimana upaya
guru dalam penanaman kecerdasan spiritual siswa pada pembelajaran fiqih kelas
IV di MIN 1 Ponorogo; (2) Untuk mengetahui hasil dari penanaman kecerdasan
spiritual pada pembelajaran fiqih siswa kelas IV di MIN 1 Ponorogo; dan (3)
Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penanaman
kecerdasan spiritual pada pembelajaran fiqih siswa kelas IV di MIN 1 Ponorogo.
Adapun metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif,
yang dilakukan di MIN 1 Ponorogo. Data yang diperoleh dari para informan yang
dianggap mengetahui terkait penanaman kecerdasan spiritual. Sedangkan teknik
analisis data yang digunakan adalah redusi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan.
Berdasarkan analisis dapat disimpulkan bahwa (1) Upaya guru dalam
penanaman kecerdasan spiritual pada pembelajaran Fiqih siswa kelas IV di MIN 1
Ponorogo yaitu dengan melakukan pembiasaan seperti sholat dhuha secara
berjamaah, sholat dhuhur berjamaah, menerapkan 5S, membaca Al-Qur’an yang
dapat memberikan ketenangan jiwa peserta didik sehingga menumbuhkan
kecerdasan spiritual peserta didik. (2) Hasil dari penanaman kecerdasan spiritual
pada pembelajaran Fiqih siswa kelas IV di MIN 1 Ponorogo yaitu peserta didik
dapat mengetahui dan memahami cara-cara pelaksaan hukum Islam baik.
Melaksanakan dan mengamalkan ketentuan hukum Islam dengan baik dan benar.
(3) Faktor pendukung dan penghambat penanaman kecerdasan spiritual pada
pembelajaran Fiqih siswa kelas IV di MIN 1 Ponorogo yaitu: Faktor penghambat
ada beberapa peserta didik yang kurang patuh terhadap peraturan yang telah
dubuat dan disepakati oleh peserta didik dan guru. Ada juga faktor penghambat di
dalam penanaman kecerdasan spiritual pada pembelajaran Fiqih yaitu waktu
pelaksanaan yang kurang Panjang sehingga dalam proses penanaman kecerdasan
spiritual belum maksimal sepenuhnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | M.Fathurahman |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 21 Aug 2023 01:33 |
Last Modified: | 21 Aug 2023 01:33 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25422 |
Actions (login required)
View Item |