Pengaruh Pemberian Punishment dan Fungsi Teman Sebaya terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas V MI Ma'arif Setono Ponorogo

Baroroh, Kuni Kiromin (2023) Pengaruh Pemberian Punishment dan Fungsi Teman Sebaya terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas V MI Ma'arif Setono Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
KUNI KIROMIN BAROROH 203190253 PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Baroroh, Kuni Kiromin. 2023. Pengaruh Pemberian Punishment dan Fungsi Teman Sebaya terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas V MI Ma’arif Setono Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Ayunda Riska Puspita, M.A.
Kata Kunci: Pemberian Punishment, Fungsi Teman Sebaya, Kedisiplinan Siswa.
Kedisiplinan merupakan hal terpenting yang perlu dilaksanakan untuk menciptakan manusia yang berkualitas. Disiplin adalah suatu sikap seseorang dalam mematuhi peraturan tertulis maupun tidak tertulis yang sedang berlaku. Dalam pendidikan perlu adanya disiplin dan penerapan peraturan-peraturan yang harus ditaati oleh siswa dengan tujuan agar terciptanya kedisiplinan siswa di madrasah. Oleh karena itu, guru harus selalu mendorong siswa untuk selalu melaksanakan sikap disiplin dalam diri sendiri. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di MI Ma’arif Setono Ponorogo, masih terdapat siswa yang melanggar tata tertib di madrasah seperti datang terlambat di madrasah, tidak memakai seragam sesuai peraturan, bertutur kata kurang sopan. Oleh karena itu perlu dikaji kembali mengenai hal-hal yang mempengaruhi kedisiplinan siswa. Terdapat dua faktor yang mempengaruhi kedisiplinan siswa. Faktor eksternal yang mempengaruhi kedisiplinan siswa antara lain pemberian punishment dan pergaulan teman sebaya.
Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini mempunyai tiga tujuan. Pertama, mendeskripsikan pengaruh pemberian punishment terhadap kedisiplinan siswa kelas V di MI Ma’arif Setono Ponorogo. Kedua, mendeskripsikan pengaruh fungsi teman sebaya terhadap kedisiplinan siswa kelas V di MI Ma’arif Setono Ponorogo. Ketiga, mendeskripsikan pengaruh pemberian punishment dan fungsi teman sebaya terhadap kedisiplinan siswa kelas V di MI Ma’arif Setono Ponorogo.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 28 responden siswa MI Ma’arif Setono Ponorogo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji regresi linear berganda.
Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pemberian punishment memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kedisiplinan siswa di MI Ma’arif Setono Ponorogo sebesar 25,8% sedangkan 74,2% dipengaruhi oleh faktor lain, dan garis regresi linearnya adalah Y= 25,398 + 0,826; (2) fungsi teman sebaya memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kedisiplinan siswa di MI Ma’arif Setono Ponorogo sebesar 38,7% sedangkan 61,3% dipengaruhi oleh faktor lain, dan garis regresi linearnya adalah Y= 28,121 + 0,493X; dan (3) pemberian punishment dan fungsi teman sebaya mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kedisiplinan siswa di MI Ma’arif Setono Ponorogo sebesar 42,7% sedangkan 57,3% dipengaruhi oleh faktor lain, dan garis regresi linearnya adalah Y= 18,82 + 0,387X1 + 0,39X2.. Jadi, pemberian punishment dan teman sebaya jika diuji secara bersamaan mempunyai pengaruh yang tinggi terhadap kedisiplinan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ayunda Riska Puspita
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2023 01:23
Last Modified: 23 Jun 2023 01:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25125

Actions (login required)

View Item View Item