Marfuah, Amanatun Nur (2023) ..(LENGKAPI LEMBAR KEASLIAN TULISAN BERMATERAI, UPLOAD ULANG)...Sistem Pembelajaran Alamiah Otak (SIPAO) Bagi Siswa Slow Learner di MI Kanzul Huda. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
203190205_Amanatun Nur Marfuah_PGMI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Marfuah, Amanatun Nur. 2023. Kontribusi Sistem Pembelajaran Alamiah Otak (SIPAO) bagi Anak Berkebutuhan Khusus di MI Kanzul Huda Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dwi Ulfa Nurdahlia, M.Pd.
Kata Kunci: Sistem Pembelajaran Alamiah Otak (SIPAO), Anak Berkebutuhan Khusus Slow Learner.
Upaya dari guru untuk mewujudkan tujuan pembelajaran inklusif secara efektif maka guru menggunakan sistem pembelajaran alamiah otak (SIPAO) di MI Kanzul Huda.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan implementasi sistem pembelajaran alamiah otak di MI Kanzul Huda, 2) mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat sistem pembelajaran alamiah otak di MI Kanzul Huda.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi kasus, dengan tujuan untuk menjelaskan secara lebih mendalam dan terperinci terkait fenomena yang sedang diteliti. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik penulisan data dilakukan dengan tiga tahapan yakni reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (verification).
Hasil penelitian menunjukan bahwa MI Kanzul Huda telah menerapkan sistem pembelajaran alamiah otak (SIPAO), bagi anak berkebutuhan khusus dengan gangguan slow learner dengan cara menerapkan aspek-aspek pembelajaran alamiah otak. Aspek-aspek pembelajaran yang terkandung dalam sistem pembelajaran alamiah otak (SIPAO) adalah aspek pembelajaran emosional, aspek pembelajaran sosial, aspek pembelajaran kognitif, aspek pembelajaran fisik, dan aspek pembelajaran reflekti. Implementasi SIPAO dalam aspek pembelajaran emosional menempatkan peran guru sebagai mentor dalam kelas. Aspek pembelajaran sosial guru akan menempatkan siswa slow learner menjadi bagian dari kelompok atau anggota kelas. Aspek pembelajaran kognitif menempatkan guru sebagai fasilitator dalam penyampaian materi. Aspek pembelajaran fisik menempatkan guru sebagai leader atau pemimpin pada saat pembelajaran. Aspek pembelajaran reflektif guru memahami gaya belajar siswa slow learner, mencari keunggulan dan kelemahan siswa tersebut. Faktor pendukung berasal dari kepala sekolah, guru, dan program-program pembelajaran seperti program pembelajaran individual dan program pembelajaran remedial, untuk faktor penghambat berasal dari kurangnya dorongan dari orang tua atau kurangnya perhatian dari orang tua.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 22 Jun 2023 03:32 |
Last Modified: | 22 Jun 2023 03:32 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25075 |
Actions (login required)
View Item |