Hidayah, Ana Lailatul (2023) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, HILANGKAN TTD PADA DAFTAR ISI, UPLOAD ULANG)..Implementasi Pembelajaran Al Qur'an melalui Pembelajaran Ummi di MTS YPI Panjeng Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
201190022 _ANA LAILATUL HIDAYAH_PAI - Copy.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Ana lailatul Hidayah. 2023. Implementasi Pembelajaran Al Qur’an Melalui metode Ummi di MTS YPI Panjeng Jenangan. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Erwin Yudi Prahara, M.Ag.
Kata Kunci: pembelajaran Al – Qur’an melalui Metode Ummi
Pembelajaran Al-Qur’an adalah suatu bentuk pengembangan, pengajaran, pemanfaatan, pengelolaan dan evaluasi dari kegiatan belajar mengajar yang bersumber dari Al-Qur’an secara keseluruhan. Salah satu pembelajaran yang diterapkan di MTS YPI Panjeng adalah Pembelajaran Al Qur’an melalui metode Ummi. Pentingnya pembelajaran Al Qur’an melalui metode Ummi adalah peserta didik dapat belajar Al Qur’an dengan benar dan juga mudah dalam penguasaan tahsin dan hafalan qur’an.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menjelaskan tentang Perencanaan Pembelajaran Al Qur’an melalui Metode Ummi di MTS YPI Panjeng Jenangan Ponorogo, (2) Menjelaskan tentang pelaksanaan Pembelajaran Al Qur’an melalui Metode Ummi di MTS YPI Panjeng Jenangan Ponorogo dan (3) Menjelaskan Evaluasi Pembelajaran Al Qur’an melalui Metode Ummi di MTS YPI Panjeng Jenangan Ponorogo
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus bersifat analisis deskriptif. Penelitian dilakukan di MTS YPI Panjeng Jenangan Ponorogo dengan subjek informan guru Ummi , koordinator guru Ummi dan siswa kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan atau verifikasi.
Dalam penelitian ini memperoleh kesimpulan. (1) Perencanaan pembelajaran metode Ummi di MTS YPI Panjeng yang pertama perencanaan menyeleksi siswa, kemudiaan guru menentukan hari, menyiapkan materi dan metode yang akan digunakan dalam pembelajaran dan yang terakhir yaitu target dalam pembelajaran Ummi tersebut. (2) Pelaksanaan pembelajaran yaitu sesuai dengan waktu yang telah di tentukan, pembagian kelompok mempelajari materi yang akan disampaikan setelah itu baru memulai sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan oleh Ummi foundation yang pertama pembuka, apersepsi, penanaman konsep, pemahaman konsep, ketrampilan, evaluasi, yang terakhir penutup dengan doa kemudian diberi motivasi dan salam , (3) Evaluasi pembelajaran digunakan untuk mengukur keberhasilan siswa yaitu dengan cara evaluasi harian, evaluasi kenaikan jilid, dan terakhir munculnya
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Erwin Yudi Prahara |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 21 Jun 2023 06:29 |
Last Modified: | 21 Jun 2023 06:29 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25000 |
Actions (login required)
View Item |