Hubungan antara Tingkat Antusiasme dan Model Pembelajaran Make a Match berbantuan Media Gambar terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas 1 MIN 4 Ponorogo

Afifah, Vironicha Zahrotul (2023) Hubungan antara Tingkat Antusiasme dan Model Pembelajaran Make a Match berbantuan Media Gambar terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas 1 MIN 4 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203190188_VIRONICHA ZAHROTUL AFIFAH_PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Afifah, Vironicha Zahrotul. 2023. Hubungan antara Tingkat Antusiasme dan Model
Pembelajaran Make a Match berbantuan Media Gambar terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas 1 MIN 4 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Restu Yulia Hidayatul Umah, M.Pd.
Kata kunci: Model pembelajaran make a match, tingkat antusiasme, keaktifan belajar.Menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa membutuhkan sebuah
usaha, inovasi, serta kreativitas dari seorang guru. Mata pelajaran Pendidikan Pancasila sangatlah penting untuk diajarkan pada siswa mulai sejak pendidikan dasar, oleh sebab itu penentuan model dan media pembelajaran yang menarik antusiasme siswa sangatlah perlu agar
tujuan pembelajaran tercapai. Antusiasme merupakan sebuah perasaan semangat dalam melakukan suatu tindakan. Model dan media yang dipilih seorang guru akan menentukan kondisi
kelas saat proses pembelajaran berlangsung, mempengaruhi keaktifan serta tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model
pembelajarann make a match. Model pembelajaran make a match memberikan kesempatan siswa untuk saling bekerja sama dan melatih siswa berpikir kritis melalui sebuah permainan yang
menyenangkan. Media yang digunakan dalam penelitian ini yaitu media gambar yang bertujuan untuk menarik perhatian siswa saat proses pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) tingkat antusiasme siswa terhadap model pembelajaran make a match pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila siswa kelas 1 MIN
4 Ponorogo; (2) keaktifan siswa dengan menggunakan model pembelajaran make a match pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila siswa kelas 1 MIN 4 Ponorogo; dan (3) hubungan antaratingkat antusiasme dan model pembelajaran make a match terhadap keaktifan belajar siswa kelas
1 MIN 4 Ponorogo pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode kuantitatif korelasional yangbertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara tingkat antusiasme siswa dan model
pembelajaran make a match terhadap keaktifan belajar siswa. Pengambilan data dilakukan melalui angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistikdeskriptif, statistik inferensial yang meliputi uji normalitas, uji linieritas, dan uji hipotesis
penelitian yang meliputi uji korelasi product moment dan uji regresi linier sederhana.Pengambilan sampel dilakukan secara acak atau disebut Simple random sampling yaitu cara
pemilihan sampel dari populasi yang dilakukan dengan acak atau random dan tidak memperhatikan tingkatan pada populasi tersebut.Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) tingkat antusiasme siswa terhadap model pembelajaran make a match pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di MIN 4
Ponorogo masuk pada kategori baik dengan persentase 90% dan rentang nilai (54≤Y≤67); (2) keaktifan belajar siswa saat proses pembelajaran Pendidikan Pancasila di MIN 4 Ponorogo
termasuk dalam kategori baik dengan persentase 75% dan rentang nilai (30≤Y≤38); (3) hasil uji hipotesis terbukti bahwa ada hubungan yang signifikan antara tingkat antusiasme siswa danmodel pembelajaran make a match terhadap keaktifan belajar siswa, bahwa t hitung lebih besar dari t tabel (3,093 > 2,101) dengan taraf signifikansi 0,006 atau kurang dari 0,05. Persentase hubungan antara tingkat antusiasme siswa dan model pembelajaran make a match terhadap
keaktifan belajar siswa kelas 1 MIN 4 Ponorogo sebesar 34,7% sedangkan selebihnya 65,3% dipengaruhi oleh variabel lain yaitu media gambar dan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Restu Yulia Hidayatul Umah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Jun 2023 02:50
Last Modified: 16 Jun 2023 02:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24713

Actions (login required)

View Item View Item