Nurfadlilah, Wuri Annisa (2023) Implementasi Prophetic Parenting dalam Pengembangan Kecerdasan Emosional Anak di TK Muslimat NU 001 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
Skripsi_Wuri Annisa Nurfadlilah_ 205190052.pdf - Cover Image Download (1MB) | Preview |
Abstract
Nurfadlilah, Wuri Annnisa. 2023. Implementasi Prophetic Parenting dalam
Pengembangan Kecerdasan Emosional Anak di TK Muslimat NU 001
Ponorogo. Skripsi. Pedidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah
dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Pembimbing Yuli Salis Hijriyani, M.Pd.
Kata Kunci : Prophetic Parenting, Kecerdasan Emosional, Anak Usia Dini
Prophetic parenting merupakan pola asuh orang tua maupun guru dalam mendidik
anak sesuai dengan contoh suri tauladan umat Islam yaitu Nabi Muhammad SAW yang
berlandaskan Al- Qur’an dan Hadist. Dalam proses perkembangan anak dengan
menggunakan pola asuh ini dapat berkembang dengan baik serta sesuai dengan tuntunan Nabi
Muhammad SAW. Fakta yang ditaemukan dilapangan terdapat beberapa anak yang
emosionalnya sudah baik namun kurang berinteraksi dengan teman sebayanya dan tidak
percaya diri. Ada pula anak yang mampu berinteraksi namun untuk mengendalikan emosinya
masih kurang baik. Namun juga ada anak yang mampu mengontrol emosinya juga mampu
berinteraksi dengan teman sebayanya dengan cukup baik, maka dari itu peneliti tertarik
dengan judul implementasi prophetic parenting dalam pengembangan kecerdasan emosional
anak di TK Muslimat NU 001 Ponorogo
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan implementasi prophetic parenting
dalam pengembangan kecerdasan emosional anak di TK Muslimat NU 001 Ponorogo; (2)
Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat implementasi prophetic parenting
dalam pengembangan kecerdasan emosional anak di TK Muslimat NU 001 Ponorogo; (3)
Mendeskripsikan capaian dari implementasi prophetic parenting dalam pengembangan
kecerdasan emosional anak di TK Muslimat NU 001 Ponorogo.
Peneliti ini menggunakan metode penelitian kualitatif bersifat deskriptif, dengan jenis
penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara,
observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisi data dalam penelitian ini mengikuti konsep
Miles dan Huberman yaitu reduksi data, display data dan penyimpulan. Penelitian ini
dilakukan di TK Muslimat NU 001 Ponorogo.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Implementasi prophetic parenting dalam
pengembangan kecerdasan emosional anak terbagi menjadi tujuh dasar kaidah yaitu
menampilkan suri teladan yang baik, mencari waktu yang tepat untuk memberi pengarahan
atau nasehat, bersikap adil dan menyamakan pemberian untuk anak, menunaikan hak anak,
membelikan anak mainan, membantu anak untuk berbakti dan mengerjakan ketaatan, serta
tidak suka marah dan mencela; (2) Faktor implementasi prophetic parenting dalam
pengembangan kecerdasan emosional anak dapat dibagi menjadi 2 yaitu faktor penghambat
dan faktor pendukung. Faktor penghambat meliputi faktor keluarga ( latar belakang
komunikasi orangtua dengan guru) serta faktor luar keluarga ( awal pertemuan anak).
Sedangkan faktor pendukungnya yaitu faktor keluarga, sekolah dan teman sebaya; (3)
Capaian dari implementasi prophetic parenting dalam pengembangan kecerdasan emosional
anak yaitu anak dapat memiliki rasa empati, mengalokasikan rasa amarah, mandiri,
menyesuaikan diri, menyelesaikan masalah, tekun, setia kawan serta rasa sopan dan hormat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Yuli Salis Hijriyani |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 15 Jun 2023 01:20 |
Last Modified: | 15 Jun 2023 01:20 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24646 |
Actions (login required)
View Item |