[TTD LEMBAR PERSETUJUAN DAN SURAT KEASLIAN TULISAN HARUS ASLI] Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik Lamban Belajar di Kelas III MI Tarbiyatul Islam Coper Ponorogo

Alfian, Moh Arizqi Nur (2023) [TTD LEMBAR PERSETUJUAN DAN SURAT KEASLIAN TULISAN HARUS ASLI] Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik Lamban Belajar di Kelas III MI Tarbiyatul Islam Coper Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ANALISIS KEMAMPUAN PEMAJAMAN KONSEP PESERTA DIDIK LAMBAN BELAJAR.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Alfian, Moh Arizqi Nur. 2023. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik Lamban Belajar di Kelas III MI Tarbiyatul Islam Coper Jetis Ponorogo. Skripsi. Jurusan
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dwi Ulfa Nurdahlia, M.Si.
Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Peserta Didik Lamban Belajar, Model Pembelajaran.
Peserta didik lamban belajar adalah Peserta didik pada suatu lembaga pendidikan yang
memiliki perkembangan belajar yang lebih lambat dan potensi intelektual yang lebih rendah jika dibandingkan dengan anak-anak seusianya. Mereka merupakan salah satu klasifikasi anak berkebutuhan khusus yang jumlahnya paling banyak ditemui di sekolah dan merupakan salah satu permasalahan yang paling dominan dalam dunia pendidikan. Peserta didik lamban belajar memerlukan bantuan secara terus menerus supaya dapat mengikuti program pendidikan yang didasarkan pada kriteria normal, bantuan tersebut didasarkan pada hak untuk memperoleh
pendidikan bagi semua orang adalah sama.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Menjelaskan kemampuan pemahaman konsep pada peserta
didik lamban belajar di kelas III MI Tarbiyatul Islam Coper Jetis Ponorogo. 2) Mengetahui model pembelajaran yang sesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan peserta didik lamban belajar di kelas III MI Tarbiyatul Islam Coper Ponorogo, terkait pengelolaan lingkungan kelas, media pembelajaran yang digunakan, strategi pembelajaran yang digunakan dan evaluasi pembelajaran yang dilakukan.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi kasus, dengan tujuan untuk menjelaskan secara lebih mendalam dan terperinci terkait fenomena yang sedang diteliti. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tiga tahapan yakni reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (verification).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan pemahaman konsep peserta didik
lamban belajar di kelas III MI Tarbiyatul Islam Coper Jetis Ponorogo yakni, mereka hanya mampu menguasai rata-rata dua indikator di setiap mata pelajarannya. Kondisi tersebut disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal dari penyebab lamban belajar. Selanjutnya peserta didik lamban belajar memiliki karakteristik yang sama dengan indikator lamban belajar, meskipun belum dilakukan tes IQ, namun beberapa indikator lamban belajar terdapat pada mereka. 2) Model-model pembelajaran yang diterapkan guru bagi peserta didik lamban belajar di kelas III MI Tarbiyatul
Islam Coper Jetis Ponorogo yakni, dari segi kooperatif dilakukan kerja sama dengan peserta didik lainnya, dari segi konstektual dilakukan dengan mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari, dari segi individual dilakukan pembelajaran di luar jam pembelajaran, dari segi strategi pembelajaran guru bekerja sama dengan orang tua peserta didik lamban belajar, dari segi evaluasi pembelajaran dilakukan kuis atau tes disetiap akhir pembelajaran, untuk menguatkan pemahaman peserta didik lamban belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dwi Ulfa Nurdahlia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jun 2023 02:07
Last Modified: 13 Jun 2023 02:07
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24311

Actions (login required)

View Item View Item