..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLLAD ULANG)..Kebijakan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di Madrasah Aliyah Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo

Hikmah, Nikmatil (2023) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLLAD ULANG)..Kebijakan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di Madrasah Aliyah Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo. UNSPECIFIED thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
206190052__NIKMATIL_HIKMAH__MPI[1].pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hikmah, Nikmatil. 2023. Kebijakan Kepala Madrasah
dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di
Madrasah Aliyah Darul Huda Mayak Tonatan
Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan
Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing:
Nur Rahmi Sonia, M. Pd. I.
Kata Kunci: Kebijakan, Kepala Madrasah, Kompetensi
Pedagogik Guru
Kompetensi pedagogik guru memiliki konstribusi
yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas mengajar
guru, dimana dengan adanya berbagai permasalahan yang
dihadapi oleh guru seperti guru yang mengalami kesulitan
dalam mengaktifkan kelas, guru yang kurang memahami
karateristik peserta didik karena banyaknya jumlah peserta
didik, dan guru yang kurang memahami berbagai strategi
pembelajaran. Dari berbagai permasalah tersebut dibutuhkan
kebijakan kepala madrasah untuk meningkatkan kompetensi
pedagogik guru agar pembelajaran yang dilakukan bisa
berlangsung dengan baik. Madrasah Aliyah Darul Huda
Mayak Tonatan Ponorogo merupakan madrasah yang
memiliki jumlah peserta didik dalam jumlah yang sangat
besar sehingga untuk mengkoordinir peserta didik
dibutuhkan kebijakan kepala madrasah khususnya mengenai
kompetensi pedagogik guru agar pembelajaran di dalam kelas
dapat berjalan secara kondusif .
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian: (1)
Untuk mendeskripsikan dan menganalisis bentuk kebijakan
kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik
guru di Madrasah Aliyah Darul Huda Mayak Tonatan
Ponorogo, (2) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis
x
pelaksanaan kebijakan kepala madrasah dalam meningkatkan
kompetensi pedagogik guru di Madrasah Aliyah Darul Huda
Mayak Tonatan Ponorogo, (3) Untuk mendeskripsikan dan
menganalisis implikasi kebijakan kepala madrasah dalam
meningkatkan kompetensi pedagogik guru di Madrasah
Aliyah Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan
pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif
kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan yaitu model Miles, Huberman, dan Saldana yang
meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data,
dan penarikan keputusan.
Hasil penelitian ini adalah (1) Bentuk kebijakan
kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik
guru di Madrasah Aliyah Darul Huda Mayak Tonatan
Ponorogo yaitu dapat dilihat dari kebijakan dari segi makro
dan mikro. Kebijakan dari segi makro yaitu rencana kerja
tahunan, semesteran, bulanan, mingguan, dan harian.
Sedangkan kebijakan dari segi mikro kepala madrasah
mengikutsertakan guru untuk mengikuti kegiatan PKG, PPG,
MGMP, mengadakan workshop, mengadakan rapat,
supervisi kunjungan kelas, pembinaan RPP, pembuatan soal,
lomba guru berprestasi, selapanan, ziaroh makam auliya’,
dan evaluasi pembelajaran. (2) Pelaksanaan kebijakan kepala
madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru
di Madrasah Aliyah Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo
yaitu perencanaan tahunan, semesteran, bulanan, mingguan,
dan harian, pembuatan soal, pemasangan LCD, dan kegiatan
ekstrakurikuler (EKSMADHA). (3) Implikasi kebijakan
kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik
guru di Madrasah Aliyah Darul Huda Mayak Tonatan
Ponorogo yaitu dapat dilihat ouput dan outcame. Dari segi
output bisa dilihat dari dampak yang dihasilkan oleh guru dan
xi
peserta didik. Dampak yang dihasilkan oleh guru yaitu guru
yaitu lebih profesional dalam bekerja, guru mampu
memahami karateristik peserta didik, dan mendapatkan
prestasi. Sedangkan, dampak yang dihasilkan bagi peserta
didik yaitu mengahsilkan peserta didik jurur dan sopan,
mendapat prestasi akademik dan non akadmik, dan
menghasilkan lulusan yang sesuai dengan KKM. Dari segi
outcame bisa dilihat dari rasa tanggung jawab guru dan
kepedulian peserta didik dalam menjalankan tugasnya
masing-masing, guru mendapatkan pengetahuan melalui
program pelatihan dan pengembangan, dan guru mendapat
prestasi melalui karya ilmiah.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2023 03:25
Last Modified: 12 Jun 2023 03:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24204

Actions (login required)

View Item View Item