TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP SISTEM KOMISI DALAM PROGRAM TIKTOK AFFILIATE (Studi Penelitian Content Creator Tiktok Di Ponorogo)

Kotimah, Siti (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP SISTEM KOMISI DALAM PROGRAM TIKTOK AFFILIATE (Studi Penelitian Content Creator Tiktok Di Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210216063_SITI KOTIMAH_HES.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kotimah, Siti. 2023. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Sistem Komisi Dalam
Program TikTok Affiliate (Studi Penelitian Pada Content Creator
TikTok di Ponorogo). Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo.
Pembimbing Ima Frafika Sari, M.Pd.
Kata Kunci: Hukum Islam, Komisi, TikTok Affiliate
TikTok Affiliate adalah sebuah program untuk mempromosikan
produk toko yang berada di aplikasi TikTok dengan cara menyebarluaskan
link atau situs produk dari toko tersebut kemudian seorang affiliator bisa
mendapatkan komisi apabila konsumen mengklik link lalu membeli
produk melalui link yang diklik tersebut. Namun program Tiktok Affiliate
ini mengharuskan para member untuk membuat konten promosi dengan
mereview produk dimana diketahui lokasi pemilik toko sendiri tidak selalu
berada satu wilayah dengan para member sehingga para affiliate tidak bisa
mengetahui bagaimana kondisi langsung dari produk tersebut serta untuk
komisi yang diperoleh atas penjualan tidak sama antara satu produk
dengan produk yang lain.
Adapun rumusan masalah yang diangkat adalah tinjauan hukum
islam terhadap penerapan pemasaran konten pada TikTok Affiliate dan
bagaimana tinjauan hukum islam terhadap sistem komisi dari program
TikTok Affiliate pada content creator TikTok. Penelitian ini merupakan
penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode penelitian
kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi.
Sedangkan analisis datanya menggunakan metode pendekatan yuridis
normatif.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan pemasaran
konten pada Tiktok Affiliate sudah sesuai dengan etika bisnis islam sesuai
syariat. Dimana dalam melakukan pemasaran konten para member affiliate
Tiktok menggunakan bahasa komunikatif bertanggung jawab pada konten
yang dibuat dimana selalu memberikan kesesuaian yang jelas dengan
deskripsi atau spesifikasi produk yang dijual dengan gambar pada konten
yang diposting dan menerapkan prinsip jujur dan tidak adanya unsur
ghara
>
r karena barang yang diperjualbelikan adalah barang yang siap
dikirim sehingga status kepemilikan dan wujud barang jelas. Sistem
komisi pada TikTok affiliate dengan sistem ju’ala>h juga diperbolehkan
dimana telah memenuhi rukun dan syarat yang sudah ditentukan, yakni
S}igha>t atau akad ketika para member melakukan pendaftaran, kemudian
ja'i>l selaku pihak yang memberikan imbalan yakni TikTok, maj'u>l yakni
para member affiliate selaku creator, amal atau pekerjaan yakni para
kreator yang mempromosikan atau menjual kembali produk baik melalui
toko ataupun link dan al-ju>'l atau komisi yang didapatkan para member
affiliate yang jelas dan didapatkan setelah konsumen berhasil membeli
produk melalui promosi yang sudah dilakukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ima Frafika
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2023 03:13
Last Modified: 12 Jun 2023 03:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24192

Actions (login required)

View Item View Item