STRATEGI MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN BERMAIN PASIR ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH III BATURETNO WONOGIRI JAWA TENGAH

Farwati, Essy (2023) STRATEGI MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN BERMAIN PASIR ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH III BATURETNO WONOGIRI JAWA TENGAH. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
205190011_ESSY FARWATI_PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Farwati,Essy.2023. Strategi Mengembangkan Motorik Halus Melalui Kegiatan Bermain Pasir Anak Usia Dini Di TK Aisyiyah III Baturetno Wonogiri Jawa Tengah. Skripsi. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Yuli Salis Hijriyani. M.Pd.
Kata Kunci : Motorik Halus, Bermain Pasir, Anak Usia Dini
Perkembangan motorik halus ialah kegiatan yang mengkoordinasikan mata serta tangan. Pada pengembangan motorik halus salah satu aktivitas yang dapat mengembangkan motorik halus adalah bermain pasir. Bermain pasir anak dapat mencetak, membentuk sesuatu menggunakan jari dalam kegiatan bermain pasir. Perkembangan motorik halus perlu dikembangkan sejak anak masih kecil atau memasuki sekolah pendidikan anak usia dini. Kegiatan pengembangan motorik halus selain kegiatan menulis, mewarnai, menggambar, juga ada bermain pasir untuk mengembangkan motorik halus pada anak. Kegiatan motorik halus pada anak memang penting dilakukan sejak anak masih usia dini.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan strategi pengembangan motorik halus melalui kegiatan bermain pasir anak usia dini di TK Aisiyah III Baturetno, (2) mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan motorik halus melalui kegiatan bermain pasir di TK Aisiyah III Baturetno Wonogiri. (3) Mmndeskripsikan capaian perkembangan kemampuan motorik halus melalui kegiatan bermain pasir di TK Aisiyah III Baturetno Wonogiri.
Data dalam penelitian ini merupakan kata-kata serta dokumen. Sedangkan sumber datanya yaitu informan dari kepala sekolah serta guru kelas. Sumber data tertulis dalam dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, analisis data .
Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menemukan bahwa di TK Aisiyah III Baturetno: (1) strategi yang dilakukan dalam megembangkan motorik halus melalui kegiatan bermain pasir ialah memperkenalkan pasir dengan bahasa yang benar, mengajak bermain pasir dengan cara bernyanyi, mengajak anak untuk ice breaking terlebih dahulu. (2) Faktor internal seperti faktor motivasi diri, kesehatan, faktor gizi anak. Faktor eksternal seperti pengetahuan orang tua, sosial ekonomi,, lingkungan. (3) Capaian perkembangan motorik halus di kelas A 4-5 tahun sudah terkoordinasi antara mata dengan tangan dan sudah tampak harmoni antara gerak tubuh koordinasi dengan otak sebagai pusat pengendali motorik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yuli Salis Hijriyani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2023 07:54
Last Modified: 09 Jun 2023 07:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23987

Actions (login required)

View Item View Item