Cahyani, Febri (2023) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN, PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN, TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG)..PROFIL KESIAPAN ANAK BERSEKOLAH PADA JENJANG PENDIDIKAN DASAR DI TK MUSLIMAT NU 001. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
Skripsi 205190013 Febri Cahyani Tesis.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Cahyani, Febri. 2023. Profil Kesiapan Anak Bersekolah Pada Jenjang
Pendidikan Dasar Di TK Muslimat NU 001 Ponorogo. Skripsi, Pendidikan
Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan,Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Umi Rohmah, M.Pd.I
Kata Kunci : Kesiapan Anak Bersekolah, Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar
Kesiapan anak untuk sekolah didefinisikan sebagai kemampuan anak mengelola dirinya dalam hal pengetahuan, keterampilan, dan sosial emosional
yang merupakan hasil interaksi anak secara terus menerus dengan berbagai pengalaman di lingkungan anak tumbuh dan berkembang sehingga dapat beradaptasi dengan tantangan belajar di jenjang berikutnya. Kesiapan anak berfokus pada pembelajaran dan pekembangan anak dengan dukungan dari para pendidik, sehingga anak secara bertahap dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan belajar yang baru.
Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mendeskripsikan strategi guru dalam mempersiapkan anak bersekolah pada jenjang pendidikan dasar TK
Muslimat NU 001 Ponorogo; (2) untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan anak bersekolah pada jenjang pendidikan dasar di TK
Muslimat NU 001 Ponorogo; dan (3) untuk mendeskripsikan profil kesiapan anak bersekolah pada jenjang pendidikan dasar di TK Muslimat NU 001 Ponorogo. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus.Teknik pengunpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data
menggunakan konsep dari Milles dan Huberman dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) strategi yang diterapkan guru dalam mempersiapkan anak bersekolah pada jenjang pendidikan dasar di
antaranya strategi pembelajaran langsung dan strategi pembelajaran tidak langsung dengan memberikan program layanan dan fasilitas seperti alat permainan edukatif, buku bacaan, dan majalah; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan anak bersekolah pada jenjang pendidikan dasar adalah kematangan, yaitu kondisi anak berupa keadaan kesehatan dan emosional yang baik, lingkungan sekitar, seperti keluarga, sekolah, dan masyarakat, serta peran
guru; (3) profil kesiapan anak bersekolah memasuki pendidikan dasar di TK Muslimat NU 001 Ponorogo berbeda-beda, akan tetapi mayoritas berkembang sesuai harapan (BSH), hal ini dibuktikan dengan kemampuan mencapai beberapa indikator kriteria kesiapan anak bersekolah pada jenjang pendidikan dasar
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Umi Rohmah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 09 Jun 2023 01:50 |
Last Modified: | 09 Jun 2023 01:50 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23926 |
Actions (login required)
View Item |