Sholihah, Siti Mar'atus (2023) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PERSPEKTIF AL-QUR’AN SURAT LUQMAN AYAT 12-19 TELAAH TAFSIR AL-MISBAH DAN RELEVANSINYA TERHADAP TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM PADA ERA MILENIAL. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
SKRIPSI BARU (SITI MAR'ATUS SHOLIHAH).pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Sholihah, Siti Mar’atus. 2023. Nilai-nilai Pendidikan Karakter Perspektif Al-Qur’an Surat
Luqman Ayat 12-19 Telaah Tafsir Al-Misbah dan Relevansinya Terhadap Tujuan
Pendidikan Islam Pada Era Milenial. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam,
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Pembimbing: Yusmicha Ulya Afif, M. Pd.I.
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Surat Luqman, Tujuan Pendidikan Islam, era milenial.
Dalam perjalanan era milenial manusia semakin dimanjakan oleh teknologi yang semakin
canggih membuat tantangan tersendiri bagi dunia pendidikan khusunya pendidikan karakter pada
era milenial. Permasalahan yang dihadapi di Indonesia saat ini adalah krisis moral yang
menimpa tunas-tunas bangsa meliputi pembunuhan dari kalangan remaja maupun dewasa, tindak
kekerasan orang tua pada anak, pergaulan bebas dan tontonan yang tidak mengedukasi, dan
lunturnya tata krama siswa terhadap orang tua dan guru. Peristiwa yang terjadi jauh dari nilainilai dan ajaran al-Qur’an serta menyimpang dari tujuan pendidikan Islam era milenial.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang
terdapat dalam tafsir al-Misbah al-Qur’an surat Luqman ayat 12-19 karya M. Quraish Shihab dan
untuk mendeskripsikan relevansi nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam tafsir alMisbah al-Qur’an surat Luqman ayat 12-19 terhadap tujuan pendidikan Islam pada era milenial.
Penelitian ini merupakan penelitian kajian pustaka (Library Research) dengan
menggunakan pendekatan deskriptif. Sumber data primer dari penelitian ini adalah tafsir alMisbah karya M. Quraish Shihab dan sumber data sekunder dari penelitian ini adalah buku-buku
yang relevan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah teknik
dokumen dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi
(Content Analysis), yaitu mengumpulkan dan menganalisis isi dari tafsir al-Misbah surat
Luqman ayat 12-19.
Berdasarkan dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, adapun nilai-nilai
pendidikan karakter yang terdapat dalam surat Luqman ayat 12-19 berdasarkan tafsir al-Misbah
adalah nilai pendidikan karakter syukur, bijaksana, iman, berbakti kepada orang tua, kerja keras,
bersahabat, perintah untuk berbuat baik atau amal saleh, religius, sabar, optimis, sopan santun
dan larangan angkuh/sombong. Dalam pendidikan Islam tentunya memiliki tujuan yang ingin
dicapai salah satunya yaitu persiapan untuk kehidupan dunia dan akhirat. Nilai-nilai pendidikan
karakter yang termuat dalam al-Qur’an surat Luqman ayat 12-19 dapat di klasifikasikan kedalam
pendidikan karakter yang bernilai duniawi dan ukhrawi. Pendidikan karakter yang bernilai
duniawi yaitu sabar, optimis, kerja keras, bersahabat, sopan santun, dan larangan
sombong/angkuh. Sedangkan pendidikan karakter yang bernilai ukhrawi yaitu rasa syukur,
bijaksana, iman, relegius, berbakti kepada orang tua, berbuat baik atau amal saleh, sopan santun,
dan larangan sombong/angkuh.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Yusmicha Ulya Afif |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 08 Jun 2023 18:03 |
Last Modified: | 08 Jun 2023 18:03 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23849 |
Actions (login required)
View Item |