Putri, Citra Puspitasari Triyanita (2023) Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru untuk Meningkatkan Kualitas Siswa di MTsN 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
206190013_CITRA PUSPITASARI TP_MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Puspitasari Citra 2023. Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru untuk Meningkatkan
Kualitas Siswa di MTsN 1 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Pembimbing, Dr. Mukhibat M.Ag.
Kata Kunci: Manajemen, Peserta Didik, PPDB.
Kualitas sumber daya manusia menjadi acuan terhadap faktor penentu tercapainya suatu tujuan dalam suatu organisasi. Salah satu caranya yaitu melalui proses rekrutmen.
Rekrutmen adalah proses mengajak dan mencari sumber daya manusia potensial yang memiliki berpotensi untuk mengisi jabatan tertentu dalam suatu organisasi sehingga hasil dari proses rekrutmen tersebut adalah kumpulan pelamar yang berkualitas. Proses rekrutmen diperlukan tidak hanya di perusahaan melainkan juga di lembaga pendidikan. Tahapan untuk mendapatkan input sumber daya manusia yang berkualitas dalam pendidikan salah satunya dapat dilakukan dengan melalui proses penerimaan peserta didik baru yang diagendakan tiap tahunnya oleh lembaga sekolah. Proses ini memerlukan manajemen pendaftaran yang baik agar siswa sesuai
dengan karakteristik dan kemampuan sekolah sehingga bakat yang dimiliki siswa dapat berkembang dengan optimal dan berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis terkait: (1) Perencanaan penerimaan peserta didik baru untuk meningkatkan kualitas siswa. (2) Pelaksanaan penerimaan peserta didik baru untuk meningkatkan kualitas siswa. (3) Evaluasi penerimaan peserta didik baru untuk meningkatkan kualitas siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, menyajikan data dan kesimpulan. Selanjutnya uji keabsahan data
dilakukan dengan pendekatan berdasarkan lamanya waktu penelitian, triangulasi sumber dan metode. Pendekatan ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang fenomena utama yang dieksplorasi dalam penelitian yang terdapat pada lokasi penelitian guna mendapatkan gambaran keadaan yang sebenarnya untuk mendukung penyajian data jenis penelitian yang
dilakukan dengan penelitian lapangan (field research) yaitu studi atau penelitian yang dilakukan secara langsung di lokasi penelitian. Sehingga data diperoleh dengan terjun langsung di lokasi penelitian dan terlibat dengan aktivitas kegiatan di lingkungan sosial Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) Perencanaan peserta didik untuk
meningkatkan kualitas siswa di MTsN 1 Ponorogo; a) menentukan tujuan yang ingin dicapai, b) Landasan Hukum, c) merencanakan waktu pelaksanaan dan daya tampung, d) kebijakan sistem zonasi. e) perincian pembiayaan, f) strategi publikasi. (2) Pelaksanaan peserta didik
untuk meningkatkan kualitas siswa di MTsN 1 Ponorogo; a) dilaksanakan dengan memenuhi persyaratan dan tahapan yang telah ditetapkan, b) melakukan seleksi dan daftar ulang. (3)
Evaluasi peserta didik untuk meningkatkan kualitas siswa di MTsN 1 Ponorogo; a) pelaksanaan evaluasi dengan cara memonitoring secara berkala, mereview ulang seluruh program kerja dan melihat ketercapaian tujuan, b) mengidentifikasi penghambat pada proses pelaksanaan, c) hasil evaluasi berupa keputusan menentukan solusi strategi permasalahan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Mukhibat |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 06 Jun 2023 06:11 |
Last Modified: | 06 Jun 2023 06:11 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23615 |
Actions (login required)
View Item |