Nur'Aini, Kurnia Ika (2023) Manajemen Progam Terapan Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Prodistik) dalam Meningkatkan Pengembangan Bakat dan Minat Siswa (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Negeri 1 Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
206190039 KURNIA IKA NUR'AINI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Nur’Aini, Kurnia Ika, 2023, Manajemen Progam
Terapan Bidang Teknologi Informasi dan
Komunikasi (Prodistik) dalam Meningkatkan
Pengembangan Bakat dan Minat Siswa di
Madrasah Aliyah Negeri 1 Ponorogo.
Skripsi, Jurusan Manajemen Pendidikan
Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan,
Institut Agama Islam Negeri Ponorogo,
Pembimbing Dr. Muhammad Thoyib, M.Pd
Kata Kunci: Manajemen, Prodistik,Pengembangan
Bakat dan Minat.
Dalam era globalisasi seperti sekarang ini, mau
tidak mau kita berhubungan dengan teknologi
informasi. Hal ini disebabkan oleh teknologi yang telah
mempengaruhi kehidupan kita sehari-hari. Maka dari
itu sebaiknya tidak buta akan teknologi. Dari banyak
penelitian menunjukkan bahwa siapa yang terlambat
menguasai teknologi dan informasi, maka mereka akan
tertinggal pada kesempatan-kesempatan berharga untuk
berkembang dan maju. Dalam hal ini, pemanfaatan TIK
tidak hanya digunakan pada media pembelajaran saja.
Progam TIK (Terapan Bidang Teknologi Informasi
Komputer) yang bekerja sama dengan Prodistik ITS
Surabaya, memberikan terobosan baru terhadap
lembaga pendidikan sebagai sarana untuk
mengembangkan bakat dan minat siswa. Progam
PRODISTIK ITS ini merupakan sebuah progam pendidikan non-formal yang ditujukan untuk siswa
kelas X-XII SMA/MA dalam bidang TIK.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan
menganalisis tahapan model manajemen Prodistik
melalui (1) Perencanaan Prodistik dalam meningkatkan
pengembangan bakat dan minat siswa,(2) Pelaksanaan
Prodistik dalam meningkatkan pengembangan bakat
dan minat siswa, dan (3) Evaluasi Prodistik dalam
meningkatkan pengembangan bakat dan minat siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif dengan metode studi kasus, dengan teknik
pengumpulan data penelitian berupa wawancara,
observasi, dan dokumentasi sumber data wawancara
dalam penelitian ini antara lain Ketua Progam
Prodistik, Sekretaris selaku Guru Prodistik, Siswa
Kelas 12, dan Alumni Prodistik. Teknis analisis data
dalam penelitian dilakukan dengan tiga tahapan yaitu,
kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini
menggunakan peningkatan ketekunan,triangulasi
sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)
Perencanaan prodistik dalam meningkatkan
pengembangan bakat dan minat siswa di MAN 1
Ponorogo, meliputi; a) Menyiapkan sarana prasarana,
b) Menyusun pengelola Prodistik, c) Menyiapkan
tenaga pendidik dan tutor pembimbing, d) Jadwal
pembelajaran Prodistik serta strategi pembelajaran, (2)
Pelaksanaan prodistik dalam meningkatkan
pengembangan bakat dan minat siswa di MAN 1
Ponorogo; a) Kegiatan perkuliahan Prodistik, b) Diklat
dan workshop, c) Upgrading siswa serta upgrading guru, d) Adanya kegiatan Procommit (Prodistik
Competition in IT), (3) Evaluasi Prodistik dalam
meningkatkan pengembangan bakat dan minat siswa di
MAN 1 Ponorogo; a) Evaluasi yang terdapat di MAN 1
Ponorogo terdapat UTS, UAS, dan TA, b) Evaluasi dari
ITS memberikan monitoring baik secara langsung
maupun tidak langsung seperti diadakannya kuliah
tamu, c) Evaluasi pengembangan bakat dan minat
siswa di MAN 1 Ponorogo yaitu berhasil mencetak
siswa berprestasi salah satunya Juara 1 Film Ilmu
Kesehatan Tiingkat Provinsi Jatim, Juara Favorit The
Reog Tingkat Nasional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Muhammad Thoyib |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 05 Jun 2023 02:12 |
Last Modified: | 05 Jun 2023 02:12 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23349 |
Actions (login required)
View Item |