Yuana, Qodaria (2023) ..(KURANGI TRANSPARANSI WATERMAK, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM PRESPEKTIF R.A. KARTINI. UNSPECIFIED thesis, UNSPECIFIED.
|
Text
Qodaria Yuana_201190442_PAI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Yuana, Qodaria. 2023. Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Prespektif R.A. Kartini. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Terbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Nur Kolis, Ph.D
Kata Kunci: Islam, Pendidikan, Perempuan
Islam adalah agama yang sangat menjunjung tinggi pendidikan, anjuran untuk menyampaikan ajaran Allah bukan saja ditujukan kepada kaum lelaki, tetapi juga kepada kaum perempuan. Di Indonesia terdapat seorang tokoh perempuan yang boleh disebut sebagai penggiat partisipasi perempuan dalam pendidikan Islam, yaitu R.A. Katini. Tokoh perempuan ini memiliki gagasan tentang nilai-nilai pendidikan Islam yang harus ditanamkan kepada peserta didik yang patut untuk dikaji secara mendalam.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui apa saja Nilai-Nilai Pendidikan Islam Prespektif R.A. Kartini, dan 2) mendeskripsikan bagaimana proses internalisasi nilai-nilai Pendidikan Islam Prespektif R.A. Kartini
Penelitian keperpustakaan ini menggunakan metode kualitatif. Data primer penelitian ini diperoleh dari buku yang berjudul Habis Gelap Terbitlah Terang. Sedangkan data sekundernya diambil dari beberapa sumber pendukung yang relevan dengan penelitian ini. Data penelitian dikumpulkan melalui teknik dokumentasi. Dari data yang telah terkumpul kemudian dianalisis melalui analisis konten. Melalui beberapa langkah diantaranya, merumuskan masalah penelitian, melakukan studi pustaka, menentukan unit analisis, mengumpulkan data, menyajikan data interpretasi dan menyusun hasil laporan penelitian.
Hasil penelitian mendapati: 1) nilai-nilai pendidikan Islam menurut R.A. Kartini dalam bukunya Habis Gelap Terbitlah Terang adalah kejujuran, keadilan, kemanusiaan, religius dan toleransi. 2) proses Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam menurut R.A. Kartini sebagaimana yang diterapkan pada Kartini’s School, dilakukan melalui beberapa tahapan di antaranya, tahapan transformasi nilai adalah tahap bagaimana tokoh dapat memberi dampak perubahan baru kepada masyarakatnya, transaksi nilai pada tahap ini tokoh mulai melakukan komunikasi dengan dua orang siswa atau lebih dalam proses transfer ilmu, dan tahap terakhir adalah transinternalisasi, pada tahap ini penggabungan antara tahap transformasi dengan transaksi nilai, sehingga ilmu yang telah diajarkan kepada siswa berdampak pada perubahan baik yang lahir dalam setiap pribadi siswa.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Nur Kholis |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 29 May 2023 08:43 |
Last Modified: | 29 May 2023 08:43 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23002 |
Actions (login required)
View Item |