Nurhidayati, Astuty Dyah (2023) ..(LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI BLM DITANDA TANGANI, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Promosi Penjualan dan Electronic Word of Mouth Instagram terhadap Impulsive Buying Mahasiswa FEBI IAIN Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
401190232_Astuty Dyah Nurhidayati_Ekonomi Syariah.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Nurhidayati, Astuty Dyah. Pengaruh Promosi Penjualan dan Electronic Word of
Mouth pada Media Sosial Instagram terhadap Impulsive Buying (Studi
Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam
Negeri Ponorogo. Skripsi. 2023. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo,
Pembimbing: Tiara Widya Antikasari.M.M.
Kata Kunci: Promosi Penjualan, Electronic Word of Mouth,Impulsive Buying
Trend pembelian digital mengalami perkembangan yang pesat. Hal
tersebut ditopang oleh kemudahan transaksi yang telah disediakan oleh berbagai
macam platform. Menurut data SIRCLO, sebanyak 17,5% masyarakat telah
berpindah belanja offline menjadi online. Peningkatan trend ini, memunculkan
adanya impulsive buying pada diri seseorang. Riset menyatakan bahwa Sembilan
dari sepuluh pembeli mengaku melakukan pembelian di lain daftar belanja
kebutuhan mereka sebesar 66%. Pemicu terjadinya impulsive buying ini, tidak lain
dari pesatnya perkembangan media sosial yang memunculkan berbagai konten
yang mengandung promosi, dan ulasan tentang suatu produk, yang tanpa disadari
merangsang keinginan untuk melakukan pembelian tanpa terencana sebelumnya..
Penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif. Teknik pegambilan sampel
menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan metode
kuisioner yang disebar secara online. Metode analisis menggunakan analisis
regresi linier berganda dengan bantuan program komputer berupa IBM SPSS
statistic 22.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) untuk menguji pengaruh
promosi penjualan pada instagram terhadap impulsive buying pada mahasiswa
FEBI IAIN Ponorogo. 2) untuk menguji pengaruh Electronic Word of Mouth pada
instagram terhadap impulsive buying pada mahasiswa FEBI IAIN Ponorogo.
3)untuk menguji promosi penjualan dan Electronic Word of Mouth pada instagram
terhadap impulsive buying pada mahasiswa FEBI IAIN Ponorogo.
Dari penelitian ini diperoleh hasil: 1) Promosi penjualan pada media sosial
instagram berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulsive buying pada
mahasiswa FEBI IAIN Ponorogo. 2) Electronic Word of Mouth pada media sosial
instagram berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulsive buying pada
mahasiswa FEBI IAIN Ponorogo. 3) promosi penjualan dan Electronic Word of
Mouth pada media sosial instagram secara simultan (bersama-sama) berpengaruh
positif dan signifikan terhadap impulsive buying pada mahasiswa FEBI IAIN
Ponorogo. Kemudian dari hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan
bahwa promosi penjualan dan Electronic Word of Mouth berpengaruh terhadap minat penggunaan sebesar 50,2%, sedangkan sisanya sebesar 49,8% dipengaruhi
oleh faktor/variabel lain diluar penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Tiara Widya Antikasari |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 26 May 2023 03:01 |
Last Modified: | 26 May 2023 03:01 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22904 |
Actions (login required)
View Item |