...(LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI (UNDUH FORM DI WEB PERPUS), LENGKAPI WATERMARK, UPLOAD ULANG)...KONSEP PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM AL-QURAN SURAT AR-RUM AYAT 22 MENURUT TAFSIR AL-MARAGHI

Utari, Novita Ayu (2023) ...(LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI (UNDUH FORM DI WEB PERPUS), LENGKAPI WATERMARK, UPLOAD ULANG)...KONSEP PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM AL-QURAN SURAT AR-RUM AYAT 22 MENURUT TAFSIR AL-MARAGHI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201190436_NOVITA AYU UTARI_SKRIPSI DUMMY.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Utari, Novita Ayu. 2023. Konsep Pendidikan Multikultural Dalam Al-Quran Surat Ar-Rum Ayat 22 Menurut Tafsir Al-Maraghi. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Dr. Basuki, M.Ag.

Kata Kunci: Pendidikan multikultural, Surat Ar-Rum Ayat 22, Tafsir Al-Maraghi.

Negara Indonesia merupakan negara yang multikultural yang memiliki berbagai keragaman. Keragaman yang bisa dilihat dari aspek sosial maupun geografisnya. Indonesia tengah mengalami berbagai tantangan dengan adanya perubahan sosial. Krisis sosial seperti halnya mengenai kasus multikulturalisme. Pentingnya pendidikan multikultural di Indonesia sebagai upaya sarana alternatif pemecah konflik dengan terciptanya kondisi nyaman, damai, toleran, dalam masyarakat yang berbeda. Pendidikan multikultural menjadi jawaban yang tepat untuk dapat di implementasikan dalam proses pendidikan di sekolah yang negeri maupun swasta. Pendidikan multikultural diharapkan menjadi proses pendidikan yang benar-benar mencerminkan kehidupan masyarakat yang multikultural, sehingga dapat menjadikan generasi baru yang terbuka menghadapi keberagaman ataupun perbedaan. Penelitian ini menggunakan tafsir al-Maraghi dikarenakan pada tafsir tersebut terdapat kosakata atau mufrodat kata-kata yang sulit untuk dipahami. Hal ini guna memudahkan bagi para pembaca untuk mempelajari tafsir yang khususnya masih masyarakat awam. Selain itu, dalam tafsir al-Maraghi terdapat penjelasan ayat secara umum yang memudahkan pembaca untuk mendapat gambaran terhadap suatu ayat al-Quran.
Tujuan dari penelitian adalah untuk menganalisis konsep pendidikan multikultural yang diambil dari salah satu surat di Al-Quran. Yang dimana peneliti memilih surat ar-rum ayat 22 dan mengambil penjelasan dari tafsir al-Maraghi. Tujuan penelitian tersebut meliputi mendeskripsikan konsep pendidikan multikultural dalam tafsir al-Maraghi dan mendeskripsikan relevansi konsep pendidikan multikultural dalam al-Quran surat ar-Rum ayat 22 menurut tafsir al-Maraghi.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode library reseach atau kajian pustaka. Pemikiran yang didasarkan pada studi literatur (pusataka) yang relevan dan ditulis oleh ahli atau lembaga tertentu. Peneliti menggunakan metode dokumentasi yang merupakan metode pengumpulan dengan cara mengkaji sumber tertulis. Sedangkan teknik analisis data menggunakan tafsir madu’i dan konten analisis.
Berdasarkan hasil analisis dapat ditemukan bahwa pendidikan multikultural yang terdapat dalam surat ar-rum ayat 22 menurut tafsir al-Maraghi adalah perbedaan bahasa, perbedaan ras, perbedaa suku. Selain itu juga menghasilkan nilai-nilai pendidikan multikultural seperti nilai saling menghormati, nilai persamaan derajat, nilai kemanusiaan, nilai persamaan maupun persaudaraan sebangsa maupun antar bangsa, nilai toleransi, dan nilai demokrasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Basuki
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Mar 2023 00:58
Last Modified: 15 Mar 2023 00:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22609

Actions (login required)

View Item View Item