Internalisasi Pendidikan Agama Islam Dalam Upaya Membangun Karakter Santri Pondok Pesantren Assyafiiyah Durisawo Ponorogo

Azzahro, Suryo Alvin (2022) Internalisasi Pendidikan Agama Islam Dalam Upaya Membangun Karakter Santri Pondok Pesantren Assyafiiyah Durisawo Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_SURYO ALVIN AZZAHRO_201180450...pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Internalisasi nilai nilai Pendidikan Agama Islam di pondok pesantren terdiri dari aspek al
Qur’an, al Hadis, Aqidah, Akhlak, Fiqih/ibadah, muamalah dan sejarah peradaban Islam (SPI).
Semua itu diajarkan dalam upaya membentuk karakter keberagamaan santri. pondok pesantren
berfungsi meningkatkan keimanan ketaqwaan, pemahaman, penghayatan dan pengamalan santri
tentang ajaran agama Islam yang kaafah sempurna sehingga menjadi manusia yang beriman
bertaqwa kepada Allah Swt, serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat dan
bernegara.
Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk Mengetahui internalisasi nilai-nilai Pendidikan
Agama Islam dalam upaya membangun karakter santri (2) Untuk Mengetahui metode
internalisasi nilai-nilai pendidikan Agama Islam dalam upaya membangun karakter santri (3)
Untuk Mengetahui peran kyai dalam menginternalisasikan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam
dalam upaya membangun karakter santri.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif.
Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Sedangkan analisis datanya menggunakan konsep Miles dan Huberman yang meliputi reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan datanya
menggunakan Ketekunan/keajegan pengamatan dan triagulasi.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Pembentukan katakter santri
melalui pembiasaan akhlak terpuji seperti sholat fardhu berjamaah, sholat sholat sunnah seperti
sholat tahajut, sholat dhuha, dzikir, keteladanan dari Para kyai, Ustadzdan kegiatan lainnya
seperti muhadhoroh, sholawatan, dzikir Istighosah (2) Metode pengembangan karakter santri
melaui manajemen pesantren yaitu perencanaan program, pengorganiasian, pelaksanaan,
pengontrolan dan evaluasi. Pendekatannya sistemik WSD whole school development model.
Yang melibatkan komponen eksternal wali santri, tokoh masyarakat atau kebijakan dari
pemerintah daerah maupun kementrian Agama (3) Peran kyai dalam upaya membangun karakter
santri yaitu peran sebagai ulama, pewaris para nabi ilmunya sebagai mursyid maka peran sebagai
contoh dan suri teladan bagi para santrinya

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Munir
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Mar 2023 01:42
Last Modified: 06 Mar 2023 01:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22367

Actions (login required)

View Item View Item