Pengaruh Akun Instagram @dawuhguru Terhadap Peningkatan Minat Membaca Al Qur'an Followers

Hutasuhut, Oktavia Dernayanti (2023) Pengaruh Akun Instagram @dawuhguru Terhadap Peningkatan Minat Membaca Al Qur'an Followers. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
E-THESIS OKTAVIA DERNAYANTI HUTASUHUT_KPI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hutasuhut, Oktavia Dernayanti, 2023. Pengaruh Akun Instagram Dawuh Guru Terhadap Minat Membaca Al Qur’an Followers. Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Muchlis Daroini, M.Kom.I.

Kata Kunci : Akun, Instagram, Minat Membaca Al Qur’an, Followers

Dengan adanya media sosial maka semakin mempermudah khalayak untuk berinteraksi satu sama lain, salah satunya dengan menggunakan Instagram. Penggunaan Instagram ini sangat variatif, seperti halnya akun @dawuhguru yang menyajikan konten berkaitan tentang dakwah dan nasehat para guru-guru tokoh agama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengaruh akun Instagram @dawuhguru terhadap peningkatan minat membaca Al Qur’an dan juga seberapa besar pengaruh akun Instagram @dawuhguru terhadap peningkatan minat membaca Al Qur’an followers.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kuantitatif eksplanatif yang memiliki sifat asosiatif. Metode yang digunakan adalah survei sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yakni kuesioner. Teknik pengambilan sampling pada penelitian ini menggunakan Purposive Sampling yang diambil dari populasi yang terdiri dari followers akun Instagram @dawuhguru yang berjumlah 466.000 pengikut dan memperoleh sampel sebanyak 70.
Akun Instagram @dawuhguru memiliki pengaruh yang besar terhadap minat membaca Al Qur’an followers yang dibuktikan dengan hasil koefisien determinasi akun Instagram @dawuhguru yang signifikan terhadap minat membaca Al Qur’an sebesar 81,36% sedangkan sisanya sebesar 18,64% dipengaruhi oleh sebab-sebab lain yang tidak diteliti pada variabel tampilan, update informasi, pemahaman followers, bahasa atau kalimat. Perolehan hasil tersebut didapat dari nilai thitung (17,258) > ttabel (1,677). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa perolehan hasil yang didapatkan menyatakan HO ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muchlis Daroini
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Feb 2023 07:05
Last Modified: 22 Feb 2023 07:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22248

Actions (login required)

View Item View Item