Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pengembangan Sekolah Adiwiyata di SMP Negeri 1 Kecamatan Siman Ponorogo

Khasanah, Yana Uswatun (2022) Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pengembangan Sekolah Adiwiyata di SMP Negeri 1 Kecamatan Siman Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
206180067_YANA USWATUN KHASANAH_MPI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Khasanah, Yana Uswatun.2022.Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pengembangan Sekolah Adiwiyata di SMP Negeri 1 Kecamatan Siman Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam(MPI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. H. Muhammad Thoyib, M. Pd.
Kata Kunci: Model Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Sekolah Adiwiyata
Pesatnya perkembangan teknologi dan banyaknya kegiatan pembangunan yang dilakukan menimbulkan dampak positif maupun negatif pada karakter manusia dan kondisi lingkungan. Hal itu menjadi tantangan tersendiri bagi kepala sekolah pada proses pengelolaan lembaga pendidikan. Upaya Kepala sekolah SMP Negeri 1 Simandalam merespon tantangan pada proses manajemen sekolah dengan melibatkan pengaruh perilaku dan kualitas profesionalnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan sekolah adiwiyata, mengetahui dan menganalisis model kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan sekolah adiwiyata serta mengetahui dan menganalisis hasil kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan sekolah adiwiyata.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan mengambil latar belakang di SMP Negeri 1 Siman Ponorogo. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara melaksanakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data wawancara antara lain kepala sekolah, guru dan peserta didik. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi sumber dan data. Metode analisis data melalui kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) Strategi kepemimpinan kepala sekolah di SMPN 1 Siman yaitu; memberdayakan guru dan tenaga kependidikan dalam upaya menambah wawasan untuk menunjang keprofesionalan kerja melalaui workshop, MGMP , dan seminar, memberikan teladan baik kepada anggota, pembaharuan strategi sesuai dengan keadaan zaman sebagai upaya responsivitas terhadap tantangan, mengadakan pertemuan berkala (briefing) dengan anggota, menampung aspirasi dari warga sekolah, wali siswa, dan masyarakat, memberikan motivasi, membentuk tim adiwiyata sekolah, mensosialisasikan dan mewujudkan program berbasis adiwiyata seperti SAGU SABU (Satu Guru Satu Bunga), mengintegrasikan kurikulum berbasis adiwiyata dengan pembelajaran siswa, melaksanakan aksi lingkungan, melakukan pendekatan secara harmonis dengan anggota sehingga menciptakan kolaborasi kerja yang efektif. (2) Model kepemimpinan kepala sekolah yang digunakan olehkepala sekolah SMP Negeri 1 Siman adalah model kepemimpinan demokrasi dan transformasional. Pada proses pengembangan sekolah adiwiyata kepala sekolah SMPN 1 Siman berhasil mengombinasikan model kepemimpinan yang digunakan sesuai dengan situasi yang berbeda untuk memaksimalkan potensi sumber daya yang ada di sekolah yaitu pendidik dan tenaga kepemimpinan, wali siswa, masyarakat supaya menerapkan manajemen lembaga secara efektif. (3) Hasil dari kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan sekolah adiwiyata di SMPN 1 Siman Ponorogo adalah siswa dapat mengelola, memanfaatkan dan melestarikan lingkungan hidup di sekitarnya, siswa dapat berprestasi secara akademik dan berperilaku baik, menciptakan suasana lingkungan sekolah sejuk dan nyaman, dan sekolah mampu lolos masuk sekolah adiwiyata tingkat provinsi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Thoyib
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2022 02:35
Last Modified: 24 Nov 2022 02:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21879

Actions (login required)

View Item View Item