Implementasi strategi pembelajaran Index Card Match dalam pembelajaran fiqih materi zakat, infaq, dan sedekah untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas IV MI Ma'arif kemuning Sambit Ponorogo tahun pelajaran 2014/2015.

Fajar, Setiawan (2015) Implementasi strategi pembelajaran Index Card Match dalam pembelajaran fiqih materi zakat, infaq, dan sedekah untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas IV MI Ma'arif kemuning Sambit Ponorogo tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, STAIN Ponorogo.

[img] Text
(15PGMI09) FAJAR SETIAWAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)

Abstract

ABSTRAK

Fajar Setiawan. 2015. Implementasi strategi pembelajaran Index Card Match dalam pembelajaran Fiqih materi zakat, infaq, dan sedekah dapat meningkatkan minat belajar dan hasil belajar pada siswa pada siswa kelas IV di MI Ma’arif Kemuning Sambit Ponorogo Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Ponorogo. Pembimbing I: Drs. Moh. Mukhlas, M.Pd. Pembimbing II: Izza Alyiatul Muna, M.Sc.

Kata Kunci: Strategi Pembelajaran- Minat Belajar - Hasil Belajar

Guru berperan sebagai pengelola proses belajar-mengajar, bertindak sebagai fasilitor yang berusaha mencipatakan kondisi belajar mengajar yang efektif, sehingga memungkinkan proses belajar mengajar, mengembangkan bahan pelajaran dengan baik, dan meningkatkan kemampuan siswa untuk menyimak pelajaran dan menguasai tujuan-tujuan pendidikan yang harus mereka capai.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi strategi pembelajaran Index Card Match dalam pembelajaran Fiqih materi zakat, infaq, dan sedekah dapat meningkatkan minat belajar dan hasil belajar pada siswa pada siswa kelas IV di MI Kemuning Sambit Ponorogo Tahun Pelajaran 2014/2015.
Untuk mencapai tujuan itu digunakan rancangan penelitian tindakan kelas dengan melibatkan data kualitatif dan data kuantitatif. Urutan kegiatan penelitian mencakup peremcanaan, implementasi, pengamatan, dan refleksi.
Hasil dalam penelitian ini, berdasar perbandingan data siklus I dan siklus II yang dijabarkan dalam pembahasan dapat disimpulkan bahwa tindakan yang dilakukan pada siklus I maupun siklus II membawa peningkatan baik minat belajar maupun hasil belajar.
Minat belajar siswa pada pembelajaran Fikih mengalami peningkatan dari rerata skor 17 pada siklus I menjadi 19 pada siklus II, berarti meningkat 2. Persentase jumlah siswa dalam kategori minat belajar siswa baik, meningkat dari 36% menjadi 82%, berarti meningkat 46%. Hasil belajar mengalami peningkatan dari rerata 68 menjadi 84 pada kondisi akhir, berarti meningkat 16. Persentase jumlah siswa yang tuntas belajar meningkat dari 54% menjadi 82%, berarti meningkat 28%.
Kesimpulan dalam penelitian ini, bahwa dengan penggunaan strategi pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan minat belajar dan hasil belajar Fiqih pada materi memahami ketentuan zakat, infak, dan sedekah bagi siswa kelas IV di MI Ma’arif Kemuning Sambit Ponorogo pada semester 1 tahun pelajaran 2014/2015 terbukti.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhlas, Izza Aliatul Muna
Location: T 2015 PGMI 09
Subjects: ?? 2X73 ??
Divisions: ?? pro_pgmi ??
Depositing User: Ms Mujiati
Date Deposited: 10 Aug 2015 03:35
Last Modified: 10 Aug 2015 03:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/217

Actions (login required)

View Item View Item