Penerapan Metode Modelling The Way Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Fikih Ibadah Kelas II Madrasah Diniyah Nurul Huda Desa Pintu Jenangan Ponorogo Tahun Ajaran 2021/2022

Zakariya, Ahmad (2022) Penerapan Metode Modelling The Way Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Fikih Ibadah Kelas II Madrasah Diniyah Nurul Huda Desa Pintu Jenangan Ponorogo Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180013_AHMAD ZAKARIYA_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Zakariya. Ahmad 2022. Penerapan Metode Modelling The Way Dalam Meningkatkan Hasil
Belajar Pada Pelajaran Fikih Ibadah Kelas II Madrasah Diniyah Nurul Huda Desa
Pintu Jenangan Ponorogo Tahun Ajaran 2021/2022. SKRIPSI. Jurusan Pendidikan
Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
Ponorogo. Pembimbing. Mukhlison Effendi, M.Ag.
Kata Kunci : Metode Modelling The Way, Hasil Belajar, Fikih Ibadah
Hasil belajar merupakan alat ukur siswa dalam pemahaman pelajaran yang telah
diberikan guru. Namun kenyataannya masih banyak sekolah yang belum tercapai hasil belajar
yang memuaskan. Hal ini disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah metode
pembelajaran yang masih menggunakan metode ceramah. Seperti yang terjadi di Madrasah
Diniyah Takmiliyah Nurul Huda Jenangan Ponorogo. Hal ini disebabkan karena kurangnya
media pembelajaran dan kesibukan pendidik diluar kegiatan mengajar. Sehingga proses
pembelajaran masih berjalan kurang maksimal dalam memperoleh hasil pembelajaran. Selain itu
siswa juga kurang memperhatikan pelajaran, karena metode ceramah tidak melibatkan siswa
langsung.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan metode
modelling the way dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran fikih ibadah kelas II di
Madrasah Diniyah Nurul Huda Desa Pintu Jenangan Ponorogo Tahun Ajaran 2021/2022. (2)
Untuk menghetahui Apakah penerapan metode modelling the way dapat meningkatkan hasil
belajar siswa pada pelajaran Fikih Ibadah Kelas II Madrasah Diniyah Nurul Huda Desa Pintu
Jenangan Ponorogo Tahun Ajaran 2021/2022.
Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap
yaitu rancangan/perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini
adalah siswa/santri kelas II Madrasah Diniyah Nurul Huda Desa Pintu Jenangan Ponorogo yang
berjumlah sebanyak 15 siswa/santri. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan lembar
observasi hasil belajar oleh guru dan hasil tes siswa, kemudian data ini dianalisis dengan
menggunakan rumus prosentase.
Adapun hasil penelitian ini (1) Penerapan metode modelling the way dalam
meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan cara, guru menjelaskan materi pembelajaran
tentang sholat berjamaah sekaligus mempraktekkan tata caranya secara jelas, kemudian siswa di
suruh untuk memperhatikan semua penjelasan dari guru, setelah penjelasan selesai guru
membagi siswa kedalam beberapa kelompok yang satu kelompoknya terdiri dari 2-3 siswa, guru
memberi waktu kepada siswa untuk menciptakan/mempraktekkan kembali tentang tata cara
sholat berjamaah sesuai kreatiftasnya masing-masing, terakhir siswa disuruh mendemontrasikan
dengan kelompoknya di depan kelas sesuai kemampuannya masing-masing. (2) penerapan
metode modelling the way pada pelajaran fikih ibadah kelas II Madrasah Diniyah Nurul Huda
Desa Pintu Jenangan Ponorogo Tahun Ajaran 2021/2022 dapat meningkatkan hasil belajar siswa,
hal itu dibuktikan dengan melakukan tes menggunakan beberapa siklus, pada siklus I mencapai
ketuntasan sebesar 66,67% (10 siswa tuntas, 5 siswa belum tuntas), dan pada siklus II mencapai
ketuntasan sebesar 93,33% (14 siswa tuntas, 1 siswa belum tuntas), dengan begitu hasil belajar
mengalami peningkatan yang semula pada siklus 1 hasil belajar siswa hanya mencapai 66,67%,
dan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan mencapai 93,33 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhlison Effendi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2022 03:30
Last Modified: 23 Nov 2022 03:30
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21670

Actions (login required)

View Item View Item