Ariyanti, Viki (2022) Pengaruh Penggunaan Gawai Terhadap Motivasi Belajar Ips Terpadu Siswa Kelas Vii Smpn 3 Doplang Blora. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
208180080_Viki Ariyanti_Tadris IPS.pdf Download (998kB) | Preview |
Abstract
Penggunaan gawai yang tepat dapat memberikan pengaruh positif diantaranya dapat memperlancar komunikasi dan mengakses berbagai informasi. Akan tetapi gawai juga dapat menimbulkan pengaruh negatif terutama pada anak-anak usia sekolah yaitu dapat menyebabkan kecanduan, mengganggu perkembangan anak, berbahaya terhadap kesehatan, dan dapat memicu terjadinya perubahan perilaku pada anak. Seperti kasus yang terjadi di SMPN 3 Doplang Blora telah diketahui bahwa sebagian besar siswanya terdampak kecanduan bermain gawai sehingga hal tersebut mempengaruhi menurunnya motivasi belajar siswa.
Adapun yang melatar belakangi penulis tertarik untuk membuat skripsi ini didasarkan pada hasil pengamatan dan wawancara awal yang penulis lakukan di SMPN 3 Doplang Blora. Penelitian ini dilaksanakan dengan bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan gawai terhadap motivasi belajar IPS Terpadu siswa kelas VII SMPN 3 Doplang Blora tahun ajaran 2021/2022.
Untuk meraih tujuan penelitian di atas, penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 3 Doplang Blora, populasi penelitian ini berjumlah 84, dengan sampel 60 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif, statistik inferensial, uji asumsi, dan uji hipotesis. Uji analisis menggunakan uji analisis regresi linier sederhana.
Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh bahwa terdapat pengaruh penggunaan gawai terhadap motivasi belajar IPS Terpadu siswa. Hal tersebut dibuktikan dari hasil uji hipotesis, uji t digunakan untuk mengetahui apakah koefisien regresi signifikan atau tidak pada masing-masing variabel independen (X) terhadap variabel dependen (Y). Jika nilai t hitung < t tabel dan nilai signifikasi > 0.05 maka Ho diterima dan Ha ditolak, sebaliknya jika nilai t hitung > t tabel dan nilai signifikasi < 0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Variabel penggunaan gawai mempunyai nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.05, dengan nilai koefisien regresi yang negatif sebesar -1.079 dapat disimpulkan bahwa penggunaan gawai berpengaruh negatif terhadap motivasi belajar IPS Terpadu siswa kelas VII SMPN 3 Doplang Blora Tahun Ajaran 20211/2022. Selanjutnya hasil dari uji anova diperoleh bahwa nilai F hitung sebesar 53.225 > 4.004 (F tabel) dan nilai Sig. sebesar 0.000 < 0.05 Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan gawai terhadap motivasi belajar IPS Terpadu siswa kelas VII SMPN 3 Doplang Blora.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Siti Zazak Soraya |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 21 Nov 2022 06:15 |
Last Modified: | 21 Nov 2022 06:15 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21175 |
Actions (login required)
View Item |