Problematika Penerapan Metode Hafalan Al-Qur'an Pada Siswa Di MTs Al-Basyariyah Lengkong Sukorejo

Latifah, Faridatul (2022) Problematika Penerapan Metode Hafalan Al-Qur'an Pada Siswa Di MTs Al-Basyariyah Lengkong Sukorejo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180081_FARIDATUL LATIFAH_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Al-Qur’an merupakan kalam Allah yang sangat mulia dan sebagai kitab suci umat islam. Menghafal al-qur’an adalah sebuah mukjizat yang sangat besar dan untuk menjaga orisinalitas al-qur’an selain dilakukan dengan cara membaca dan memahami, juga berusaha untuk menghafalkannya. Ketika menghafal al-qur’an (Juz Amma, Surat Yasin dan Surat Waqiah) di MTs Al-Basyariyah menggunakan beberapa metode diantaranya metode wahdah, metode muraja’ah dan metode sima’i. Namun kenyatannya di MTs Al-Basyariyah dalam menggunakan metode tersebut terdapat beberapa problematika. Dengan dasar itulah yang mendorong penulis untuk melakukan penelitian tentang Problematika Penerapan Metode Hafalan Pada Siswa di MTs Al-Basyariyah Lengkong ini.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui problematika penerapan metode wahdah dalam pembiasaan menghafal al-qur’an (Juz Amma, Surat Yasin dan Surat Waqiah) di MTs Al-Basyariyah lengkong Sukorejo. (2) mengetahui problematika penerapan metode sima’i dalam pembiasaan menghafal al-qur’an (Juz Amma, Surat Yasin dan Surat Waqiah) di MTs Al-Basyariyah lengkong Sukorejo. (3) mengetahui problematika penerapan metode muraja’ah dalam pembiasaan menghafal al-qur’an (Juz Amma, Surat Yasin dan Surat Waqiah) di MTs Al-Basyariyah lengkong Sukorejo.
Untuk menjawab pertanyaan diatas, penelitian ini dirancang dengan rancangan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik yang dipilih dalam menganalisi data adalah reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa metode yang digunakan di MTs Al-Basyariyah dalam menghafal al-qur’an adalah metode Wahdah, Muraja’ah dan Sima’i. Dalam menggunakan metode tersebut terdapat problematika baik internal (yang berasal dari dalam diri) dan eksternal (yang berasal dari luar diri). Problematika internal di MTs Al-Basyariyah adalah adanya rasa malas, tidak bisa mengatur waktu dan kurangnya menguasai makhorijul huruf. Sedangkan problematika eskternal di MTs Al-Basyariyah adalah banyaknya kegiatan, pengaruh teknologi/HP dan adanya pengaruh teman.

Kata Kunci: Problematika, metode hafalan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Wibowo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Nov 2022 04:34
Last Modified: 21 Nov 2022 04:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21116

Actions (login required)

View Item View Item