Implementasi Etika Bisnis Islam Dalam Praktik Jual Beli Tahu di Pasar Sumoroto Kabupaten Ponorogo

Badawi, Ahmad (2022) Implementasi Etika Bisnis Islam Dalam Praktik Jual Beli Tahu di Pasar Sumoroto Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
102180003_Ahmad Badawi_HES.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Badawi, Ahmad, 2022. Implementasi Etika Bisnis Islam Dalam Praktik Jual Beli Tahu di Pasar Sumoroto Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah) Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Ima Frafika Sari, M.Pd.
Kata Kunci/Keywords: Etika Bisnis Islam, Pemahaman dan Implementasi Pedagang Tahu, Jual Beli Tahu

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perilaku-perilaku pada pedagang tahu di Pasar Sumoroto Kabupaten Ponorogo yang mengabaikan etika bisnis Islam dalam menjalankan bisnisnya. Dalam hal ini perilaku yang dilakukan oleh pedagang tahu di Pasar Sumoroto Kabupaten Ponorogo dapat menimbulkan kerugian bagi pihak lain, kerugian ini terjadi karena pedagang tahu tidak mau mengganti barang yang rusak atau cacat yang dibeli oleh pembeli, tidak memberikan kesempatan kepada pembeli untuk memilih barang yang akan dibelinya, serta telah mencampurkan tahu sisa jualan yang tidak habis terjual dengan tahu baru pada keesokan harinya dan tidak transparan terhadap kondisi tahu yang telah dijualnya.

Adapun rumusan masalah dari latar belakang tersebut yaitu 1) Bagaimana pemahaman pedagang tahu tentang prinsip-prinsip etika bisnis Islam di Pasar Sumoroto Kabupaten Ponorogo. 2) Bagaimana implementasi prinsip-prinsip etika bisnis Islam pada pedagang tahu di Pasar Sumoroto Kabupaten Ponorogo.

Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu suatu kegiatan penelitian yang dilaksanakan di lapangan atau di tempat penelitian guna untuk meneliti gejala objektif yang terjadi di lapangan. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif yaitu suatu penelusuran untuk menjelajahi dan memahami suatu gejala yang terpusat. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa lima pedagang tahu di Pasar Sumoroto Kabupaten Ponorogo telah memahami prinsip-prinsip etika bisnis Islam, seperti prinsip ketauhidan, prinsip keseimbangan, prinsip kehendak bebas, prinsip tanggung jawab, dan prinsip kebenaran. Namun implementasi prinsip-prinsip etika bisnis Islam dalam praktik jual beli tahu masih ada beberapa pedagang tahu di Pasar Sumoroto Kabupaten Ponorogo yang melanggar prinsip kehendak bebas, prinsip tanggung jawab, dan prinsip kebenaran. Sedangkan prinsip ketauhidan dan prinsip keseimbangan telah diterapkan lima pedagang tahu. Pada implementasi prinsip-prinsip etika jual beli Islam ada tiga pedagang tahu yang belum menerapkan sepenuhnya. Karena telah melanggar prinsip jujur dan prinsip kualitas barang yang baik, tetapi ada dua pedagang tahu yang tidak melanggar prinsip-prinsip etika jual beli Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ima Frafika Sari
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 Sep 2022 01:22
Last Modified: 30 Sep 2022 01:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20632

Actions (login required)

View Item View Item