Aprianto, Muhammad Ridho Fajar (2022) PERAN GURU PAI DALAM MENCEGAH PERILAKU NEGATIF SISWA PADA MASA PUBERTAS (STUDI DESKRIPTIF) DI SMP NEGERI 1 JENANGAN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
201180381_Muhammad Ridho Fajar Aprianto_PAI.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Remaja adalah suatu perkembangan transisi manusia dari masa kanak-kanak menuju masa dewasa. Pada masa ini disebut sebagai masa pubertas, rentang masa ini berlangsung dari 11-13 tahun sampai usia 18-20 tahun. Pada rentang periode tersebut terdapat beberapa indikator seperti karakteristik dan kompetensi remaja dalam berbagai aspek seperti perkembangan fisik, psikomotirk, sosial, kognitif, moral, emosional dan keagamaan. pengaruh dari anggapan bahwa mereka serba bisa dan mampu, sehingga sering kali mereka terlihat tidak memikirkan akibat dari perbuatan mereka. Pada masa pubertas yang dialami oleh siswa khususnya anak SMP, tindakan dan perilaku mereka sangat mencolok perbedaan dan perubahan yang terjadi. Anak yang awalnya lugu tiba tiba aktif. Sehingga pada masa ini bisa dikatakan masa tantangan untuk anak berkembang dikarenakan banyak problema atau masalah yang dihadapi sebagai bagian dari masa pertumbuhan ke tahap kedewasaaan. Hal itu juga banyak ditemui bentuk bentuk perilaku negatif siswa di SMP N 1 Jenangan. Seperti kurangnya akhlak pada diri siswa, dalam hal perkataan suka berbicara kotor, tidak bisa mengontrol emosi ketika di ejek temannya, suka berantem, bolos, menyontek. kurang sopan santun
Penelitian ini diadakan bertujuan untuk (1) mengetahui problem-problem masa pubertas yang muncul pada siswa di SMP Negeri 1 Jenangan (2) mengetahui metode yang digunakan oleh guru PAI dalam mencegah perilaku negatif siswa di SMP Negeri 1 Jenangan (3) mengetahui hambatan guru PAI dalam mencegah Perilaku negatif siswa pada masa pubertas di SMP Negeri 1 Jenangan
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitan studi deskriptif yang dilakukan di SMP Negeri 1 Jenangan. Pengumpulan data mengunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dan analisis data. Dan triangulasi
Dari hasil penelitian didapatkan hasil sebagai berikut (1) Permasalahan yang terjadi pada masa pubertas di SMP Negeri 1 Jenangan di antara lain, fisik yang berubah membuat siswa tidak percaya diri, keharmonisan dalam keluarga siswa bermsalah, sisi akademisi siswa ikut menjadi buruk karena perilaku negatif, interaksi sosia kurang baik. Permasalahan ternyata juga menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya bentuk-bentuk perilaku negatif siswa. Bentuk bentuk perilaku negatifnya dibagi menjadi dua yaitu yang pertama perilaku negatif biasa diantaranya malas, rame sendiri, tidak mengerjakan PR, terlambat, sering bolos, tidak sopan, berbicara kotor, memakai atribut sekolah yang kurang baik dan lengkap, tidak mengindahkan perkataan guru. dan perilaku negatif yang mengarah pada kejahatan diantaranya berkelahi dengan teman, merokok, suka mengolok-olok teman, pacaran, kurangnya perhatian orang tua. (2) Sebagai upaya untuk mencegah perilaku negatif siswa, berbagai macam metode yang di lakukan oleh guru PAI di SMP Negeri 1 Jenangan, diantara cara mencegah perilaku negatif melalui pendekatan, penjatuhan sanksi, keteladanan, pembiasaan dan kerjasama.. (3) Hambatan guru PAI dalam mencegah perilaku negatif siswa, Hambatan internal dari keluarga dan hambatan eksternal dari masyarakat dan sekolah
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Lia Amalia |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 29 Jun 2022 08:14 |
Last Modified: | 06 Jul 2022 03:44 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20235 |
Actions (login required)
View Item |