Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Budaya Religius Di SMKN 1 Ponorogo

Hidayah, Nurul (2022) Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Budaya Religius Di SMKN 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
206180051 NURUL HIDAYAH MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM (1) (1).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang “Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Budaya Religius di SMKN 1 Ponorogo”. Kajian ini dilatar belakangi oleh lingkungan sekolah menengah kejurusan yang memiliki citra religius, tentu ini akan menjadi hal yang sangat penting untuk meningkatkan budaya religius di lingkungan sekolah, hal tersebut juga tidak terlepas dari peran kepala sekolah selaku orang yang paling di butuhkan dan menjadi pelopor utama dalam meningkatkan budaya religius, terutama memberikan teladan dan tanggung jawab yang baik kepada masyarakat sekolah dalam meningkatkan budaya religius yang baik dan kondusif di lingkungan SMKN 1 Ponorogo.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini : (1) Untuk mengetahui dan menjelaskan peran kepala sekolah sebagai manajer dalam meningkatkan budaya religius di SMKN 1 Ponorogo, (2) Untuk mengatahui dan menjelaskan peran kepala sekolah sebagai motivator dalam meningkatkan budaya religius di SMKN 1 Ponorogo, (3) Untuk mengatahui dan menjelaskan peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan budaya religius di SMKN 1 Ponorogo.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dengan sumber data primer yaitu Kepala Sekolah, Waka Kesiswaan, Guru dan Siswa. Adapun sumber data sekundernya yaitu melalui dokumen, foto dan kajian teori. Teknik pengumpulan datanya berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu Millies & Huberman dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) Dalam meningkatkan budaya religius di sekolah peran kepala sekolah sebagai manajer yaitu merencanakan program budaya religius di awal tahun, selanjutnya mengorganisasikan program dengan melibatkan seluruh warga sekolah dan orang tua untuk mendukung pelaksanaan kegiatan di sekolah, melaksanakan program dalam pelaksanaannya kepala sekolah mampu menggerakan warga sekolah dengan mendorong keterlibatan atau partisipasi semua pendidik dan tenaga kependidikan dalam setiap kegiatan di sekolah, dan yang terakhir controlling (berupa evaluasi) dilaksanakan di akhir tahun untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan kegiatan budaya religius di sekolah. (2) Kepala sekolah dalam memberikan motivasi melalui beberapa tahapan yaitu kemampuan mengatur lingkungan fisik yaitu seperti disekolah tempatnya asri, nyaman. Kemampuan mengatur suasana kerja di sekolah dengan cara kepala sekolah memberikan tugas sesuai dengan bidangnya masing-masing. Kepala sekolah menerapkan pendekatan dan prinsip kekeluargaan. Terakhir, kepala sekolah memberikan reward dan punishment kepada warga sekolah, reward diberikan ketika ada yang memiliki prestasi dan punishment dilaksanakan ketika ada warga sekolah yang melanggar peraturan sekolah. (3) Kepala sekolah sebagai supervisor dengan memberikan pengawasan dan dorongan terhadap seluruh kegiatan di sekolah, termasuk kegiatan yang berkaitan dengan budaya religius.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nur Rahmi Sonia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2022 01:09
Last Modified: 23 Jun 2022 01:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19814

Actions (login required)

View Item View Item