INTEGRASI KURIKULUM 2013 DENGAN KURIKULUM CAMBRIDGE DALAM PEMBELAJARAN (Studi Kasus di SD Islamic International School-PSM Magetan)

Dhikriana, Mifta Rina (2022) INTEGRASI KURIKULUM 2013 DENGAN KURIKULUM CAMBRIDGE DALAM PEMBELAJARAN (Studi Kasus di SD Islamic International School-PSM Magetan). Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Thesis_MIFTA_502200021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Globalisasi berpengaruh terhadap dunia pendidikan yang menimbulkan perubahan pola pembelajaran. Selain itu perkembangan teknologi dan informasi menimbulkan perubahan pola pendidikan sehingga pendidikan dituntut untuk melakukan inovasi dan perbaikan kualitas pendidikan. Salah satu upaya inovasi pendidikan yaitu dengan menerapkan integrasi kurikulum 2013 dengan kurikulum cambridge dalam pembelajaran agar mencetak generasi muda berwawasan global dan mampu menyesuaikan diri terhadap masyarakat dunia.
Tujuan penelitian ini adalah 1). Mendeskripsikan latar belakang penerapan integrasi kurikulum 2013 dengan kurikulum cambridge dalam pembelajaran. 2). Menganalisis pola integrasi kurikulum 2013 dengan kurikulum cambridge dalam pembelajaran. 3) Menganalisis implikasi dari integrasi kurikulum 2013 dengan kurikulum cambridge dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus. Peneliti menjadi instrumen utama dengan metode pengumpulan data melalui observasi lapangan, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Data penelitian dianalisis kemudian dicek keabsahan data melalui ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian yakni latar belakang penerapan integrasi kurikulum berupa harapan dan alasan yakni pendiri ingin mendirikan sekolah atau pesantren bertaraf international, pandangan pendiri tentang kebutuhan pendidikan dimasa mendatang, untuk membentuk sistem pengajaran, untuk menjadi sekolah teladan, untuk mencetak generasi berwawasan global dan religius, karena sekolah percontohan /pilot project, karena kurikulum cambridge mudah diterapkan dengan kurikulum nasional. Pola penerapan integrasi kurikulum 2013 dengan kurikulum cambridge dalam pembelajaran, diterapkan melalui beberapan tahapan yaitu: 1). Tahap akomodasai dengan mengidentifikasi capaian pembelajaran dengan menggabungkan persamaan dan perbedaan capaian menjadi satu capaian pembelajaran terintegrasi dan membuat rumusan secara global berupa mata pelajaran integrasi kurikulum. 2). Tahap koordanasi dilakukan dengan penyusunan materi pelajaran berdasarkan capaian integrasi kurikulum dan menyusun struktur kurikulum berdasarkan perpaduan alokasi waktu dalam integrasi kurikulum. 3). Tahap asimilasi dilakukan dengan menentukan perangkat pembelajaran dari RPP menjadi Lesson plan, dan membentuk sistem pembelajaran berdasarkan hasil integrasi pelajaran berupa jadwal pelajaran integrasi kurikulum, serta menentukan sistem evaluasi pembelajaran melalui penilaian yang digabungkan berupa rapor integrasi kurikulum. Penerapan integrasi kurikulum juga menimbulkan beberapa implikasi yaitu; 1). Implikasi terhadap teori yaitu capaian kompetensi pada Cambridge lebih tinggi dari pada capaian kompetensi K-13, dan Pelajaran cambridge memiliki tema pembahasan yang lebih banyak dari pada kurikulum 2013, serta mengikuti standar sistem evaluasi masing-masing kurikulum. 2). Implikasi terhadap metode yaitu menstandarisasi penggunaan bahasa inggris dalam pembelajaran. 3). Implikasi terhadap manajerial yaitu menstandarisasi penyusunan perangkat pembelajaran berupa LP (lesson plan), membuat rapor integrasi kurikulum dan mengikuti standar raport diknas, dan template nilai kelulusan disesuaikan dengan standar masing-masing kurikulum
Kata kunci; Integrasi, Kurikulum 2013, Kurikulum Cambridge

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: AB. Musyaffa' Fathani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2022 02:44
Last Modified: 21 Jun 2022 02:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19343

Actions (login required)

View Item View Item