Determinasi Faktor Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Aktivis IAIN Ponorogo dalam Menyelesaikan Skripsi

Lestari, Indah Puji (2022) Determinasi Faktor Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Aktivis IAIN Ponorogo dalam Menyelesaikan Skripsi. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
502180026_Indah Puji_MPIS2.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Prokrastinasi akademik adalah suatu kebiasaan individu dalam menunda-nunda menyelesaiakan tugas akademik dan memilih untuk melakukan aktivitas yang menyenangkan diluar tugas tugas akademik. Penelitian ini menggunakan mix method dengan desain Sequential explanatory, menggunakan dua pendekatan. Yakni pendekatan kuantitatif dan pendekatan kualitatif dalam satu langkah penelitian. Pendekatan kuantitatif menggunakan analisis regresi sederhana dan regresi berganda, sedangkan pendekatan kualitatif menggunakan analisis miles dan huberman. Partisipan dalam penelitian sebanyak 72 mahasiwa aktivis angkatan 2015-2016
Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis (1) Bagaimana profil tingkat prokrastinasi akademik mahasiswa aktivis IAIN Ponorogo (2) Apakah manajemen waktu berpengaruh secara signifikan terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa aktivis IAIN Ponorogo dalam menyelesaikan skripsi (3) Apakah lingkungan teman sebaya berpengaruh secara signifikan terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa aktivis IAIN Ponorogo dalam menyelesaikan skripsi. (4) Apakah manajemen waktu dan lingkungan berpengaruh secara signifikan terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa aktivis IAIN Ponorogo dalam menyelesaikan skripsi. (5) Faktor apa yang lebih dominan berpengaruh terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa aktivis IAIN Ponorogo dalam menyelesaikan skripsi. (6) Apakah secara kualitatif manajemen waktu berpengaruh terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa aktivis IAIN Ponorogo dalam menyelesaikan skripsi. (7) Apakah secara kualitatif lingkungan teman sebaya berpengaruh terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa aktivis IAIN Ponorogo dalam menyelesaikan skripsi (8) Apakah ada faktor-faktor diluar manajemen waktu dan lingkungan teman sebaya yang berpengaruh terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa aktivis IAIN Ponorogo dalam menyelesaikan skripsi.
Hasil penelitian ditemukan (1) Variabel prokrastinasi akademik memiliki kategori cukup baik dengan prosentase 67 % atau 48 mahasiswa. (2) 66,7% manajemen waktu berpengaruh terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa aktivis, sedangkan 33,3% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain (3) 61,7% lingkungan teman sebaya berpengaruh terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa aktivis, sedangkan 38,3% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain (4) 82,4% manajemen waktu dan lingkungan teman sebaya terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa aktivis IAIN Ponorogo. Sedangkan 17,6% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain (5) faktor dominan yang lebih berpengaruh yakni manajemen waktu dengan prosentase kontribusi sebesar 0.667. (6) Secara kualitatif manajemen waktu berpengaruh terhadap prokrastinasi akademik yakni dengan beberapa aspek manajemen waktu, yaitu menetapkan tujuan dan prioritas, Mekanisme dari manajemen waktu, Preferensi untuk mengatur, Persepsi seseorang untuk mengontrol waktu. (7) Secara kualitatif lingkungan teman sebaya berpengaruh terhadap prokrastinasi akademik yakni dengan beberapa indikator yaitu Belajar memecahkan masalah Bersama-sama, Memperoleh Dorongan Teman Sebaya, Teman Sebagai Pengganti Keluarga, Menjadi Teman Belajar, Meningkatkan Harga Diri Siswa (8) Faktor -faktor diluar manajemen waktu dan lingkungan yang berpengaruh terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa aktivis IAIN Ponorogo terbagi menjadi 2 faktor, faktor intern yaitu mahasiswa mengalami fatigue atau kelelahan dan sulit untuk fokus. Sedangkan faktor eksteren yaitu lingkungan tanpa pengawasan.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Andhita Dessy Wulansari
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jun 2022 06:27
Last Modified: 20 Jun 2022 06:27
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19265

Actions (login required)

View Item View Item